Museum Balanga Adakan Ritual Manyadingen Ganan Ramu

Kontribusi dari Disbudpar Prov. Kalteng, 30 November 2017 18:50, Dibaca 8 kali.


MMCKalteng – Museum Balanga melaksanakan ritual Manyadingen Ganan Ramu pada tanggal 29 dan 30 November 2017 di area UPT. Museum Balanga, Jl. Cilik Riwut Km. 2.5 Palangka Raya. 

Ritual dibuka dengan laporan Drs. Maliaki, Kepala UPT. Museum Balanga, dan sambutan oleh Dr. Guntur Talajan, S.H., M.Pd. selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah. Hadir pula dalam pembukaan acara ritual tersebut, Kepala Museum Kalimantan Selatan, Akhmadi Soufyan atau sering disapa Enos Karli, yang turut serta bersama dengan Kepala Disbudpar Prov. Kalimantan Tengah beserta jajaran Eselon III UPT. Museum Balanga dalam awal kegiatan yaitu tengang peteng lenge basir dengan mengikatkan seutas kain putih sebagai simbol mulainya ritual.

(Baca Juga : Upaya Kalteng Membangun Destinasi Wisata Bertaraf Internasional )

Ritual yang lengkapnya disebut Tantulak Dahiang Ramu Palus Balian Manyadingen Ganan Ramu ini dilaksanakan oleh para basir yang dipimpin oleh rohaniawan Kaharingan, Basir Rabiadi. Setelah persiapan upacara ritual selesai, para basir membacakan doa selama rangkaian upacara yang terdiri dari ritual balian tantulak, mapas, manyalentup dan manatumbur, balian manantan, balian natulak lanting burung dahiang dan balian marawei pada hari pertama (29/11). Pada hari kedua (30/11), ritual dilanjutkan dengan balian manarinjet sahur, pakasak panginan sangiang dan pabuli sangiang sampai selesai.

Rangkaian ritual ini bertujuan untuk menghalau pengaruh negatif dan ‘mendinginkan’ benda-benda koleksi seperti balanga, guci, sapundu, mandau, tombak dan benda-benda warisan leluhur lain yang disimpan di masing-masing ruangan koleksi dan konservasi Museum Balanga. Koleksi tersebut sarat akan sejarah dan budaya masa silam suku Dayak dan masih sangat dihormati bagi masyarakat Kalimantan Tengah. (ann/Foto: ann)

Disbudpar Prov. Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook