Katingan Raih Predikat Terbaik Lomba Tari Pedalaman

Kontribusi dari Disbudpar Prov. Kalteng, 16 November 2017 09:00, Dibaca 9 kali.


MMCKalteng - Setelah lomba tari pesisir usai pada Rabu malam lalu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah juga mengadakan Lomba Tari Pedalaman dalam kegiatan Festival Seni Budaya Tingkat SLTA se-Kalteng Tahun 2017 ini. Lomba berlangsung pada Kamis malam tanggal 15 November 2017 di lokasi yang sama yaitu Panggung Terbuka UPT. Taman Budaya Kalimantan Tengah dan diikuti oleh sebelas peserta dari kabupaten/kota yaitu Kota Palangka Raya, Murung Raya, Katingan, Barito Selatan, Sukamara, Kotawaringin Barat, Barito Utara, Pulang Pisau, Seruyan, Kotawaringin Timur dan Kapuas.

Penampilan tari pedalaman ini mempertunjukkan kreasi tari tradisional Dayak Kalimantan Tengah dengan mengangkat sinopsis cerita menarik yang diambil dari legenda atau cerita rakyat dari masing-masing daerahnya. Tarian semakin hidup dengan dukungan tim pemain musik yang memainkan beberapa perangkat musik tradisional seperti gong, kangkanung, seruling dan sebagainya.

(Baca Juga : Peserta Rakornis Pariwisata Seluruh Indonesia Mengunjungi objek Wisata TN Sebangau)

Pada lomba tari pedalaman ini, Kabupaten Katingan meraih skor terbanyak pada Kategori Penyaji Unggulan Utama I dengan jumlah skor 2400. Selain meraih kategori tersebut, Katingan juga mememperoleh penghargaan di ketiga kategori lainnya yaitu sebagai Penata Tari Terbaik, Penata Musik Terbaik serta Penata Rias dan Busana Terbaik. Kategori selanjutnya yaitu Penyaji Baik I, diraih oleh Kapuas dengan skor sebesar 2375.

Pada pembacaan hasil keputusan pemenang lomba, tim juri yaitu Tahta R, Erliansyah dan Hari Moerda Djati, sepakat bahwa pada tahun 2017 ini penampilan para peserta dari masing-masing kabupaten dan kota semakin meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari kerapian tampilan, estetika, ketepatan waktu tampil dan sebagainya. Generasi muda yang berkompetisi dalam lomba tersebut telah tampil mewakili kabupaten/kota asalnya dengan sangat baik serta menunjukkan kesungguhan dan kecintaannya terhadap seni dan budaya Kalimantan Tengah.

(Anne/Foto: Anne)

Disbudpar Prov. Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook