Bimtek Peningkatan Tata Kelola Pariwisata

Kontribusi dari Disbudpar Prov. Kalteng, 16 Agustus 2018 21:56, Dibaca 3 kali.


MMCKalteng – Pada tanggal 16 Agustus 2018 Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mengadakan Bimbingan Teknis Peningkatan Tata Kelola Destinasi Wisata Taman Nasional Sebangau Dalam Mendukung Pencapaian Target 20 Juta Wisatawan Mancanegara. Kegiatan bimbingan teknis ini dilaksanakan di Hotel Luwansa Palangka Raya.

Acara dibuka secara resmi oleh Drs. Eddy Soesilo setelah memberikan arahan dan dilanjutkan oleh Hj. Norma Hikmah, M.Si., selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya. Peserta terdiri dari Camat Sebangau, Lurah Kereng Bangkirai, Lurah Sabaru, utusan Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya, Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Katingan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau, Balai Taman Nasional Sebangau, DAD Kota Palangka Raya, Pokdarwis Kereng Bangkirai, WWF Kalimantan Tengah, HPI Kalimantan Tengah, ASITA Kalimantan Tengah, GENPI Kalimantan Tengah, ADWINDO Kalimantan Tengah, Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata, dan Bidang Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Kalteng Raih Juara 3 Duta Wisata Indonesia 2017)

Bimtek berlangsung selama satu hari mulai pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB dengan narasumber Drs. Reza Pahlevi, M.Si selaku Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional II Kemenpar RI, Dr. Guntur Talajan, S.H, M.Pd selaku Kepala Disbudpar Provinsi Kalimantan Tengah, H. Iwan Kurniawan, S.H.,MM anggota Komisi X DPR RI, Dr. Vitria Ariani, A.Par,PG, Dipl. M.Sc, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Pedesaan dan Perkotaan, Ir. Anggodo, Kepala Balai Taman Nasional Sebangau, dan Sugeng Handoko, S.T. sebagai Tokoh Penggerak Geowisata Desa Nglanggeran.

Acara dibagi dalam 2 panel yang berisikan masing-masing 2 materi, yaitu Panel 1: Kebijakan Taman Nasional dalam Peningkatan Tata Kelola Destinasi Taman Sebangau, Pengembangan Destinasi Ekowisata berbasis Masyarakat dan Pedesaan, Benchmarking Geowisata di Desa Nglanggeran, dan Panel 2: Konsep Pendekatan dan Strategi Program Pengembangan Tata Kelola Destinasi Kalimantan Tengah, dan Peran DPR RI dalam Pengembangan Destinasi Ekowisata di Kalimantan Tengah dengan moderator Tirta, S.Sos selaku Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Pariwisata Disbudpar Provinsi Kalimantan Tengah dan Novita Chandra Wijaya (Tenaga Ahli DPR). Panel dilanjutkan dengan diskusi kelompok dengan dikoordinasi oleh Ir. Anggodo.

Tujuan dari diselenggarakannya bimtek ini ialah untuk meningkatkan kualitas destinasi pariwisata melalui elemen atraksi, aksesibilitas, dan amenitas pariwisata sehingga wawasan para pelaku, penggiat pariwisata, serta peserta dari lembaga swadaya masyarakat dan lembaga pemerintah semakin luas dalam upaya peningkatan tata kelola destinasi pariwisata di Kalimantan Tengah khususnya destinasi Taman Nasional Sebangau.

Acara kemudian ditutup dengan penyampaian rekomendasi dan kesimpulan keseluruhan bimtek secara resmi oleh Tirta, S.Sos selaku Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Pariwisata Disbudpar Provinsi Kalimantan Tengah. 

(Anne - Foto : Anne)

Disbudpar Prov. Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook