Kalteng Raih Juara 3 Duta Wisata Indonesia 2017

Kontribusi dari Disbudpar Prov. Kalteng, 04 Desember 2017 11:32, Dibaca 19 kali.


MMCKalteng – Di penghujung tahun ini, Jagau dan Bawi Nyai Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2016 yaitu Assa Watari Joan dan Eza Pahlevi maju pada kompetisi Pemilihan Duta Wisata Indonesia (PDWI) 2017 dan berhasil meraih predikat Juara 3 pada Grand Final pada Sabtu malam tanggal 2 Desember 2017 di gedung Millenium Ballroom, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Perwakilan Kalimantan Tengah berada pada nomor urut ketiga setelah Jawa Tengah sebagai Juara 1 dan Sumatera Barat sebagai Juara 2.

Yerson, S.Pd., M.Hum, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah yang mendampingi Jagau dan Bawi Nyai Kalteng tersebut beserta tim Disbudpar mengatakan bahwa Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia berikutnya akan diadakan di Kalimantan Tengah pada tahun 2018. Pemilihan daerah pelaksanaan PDWI 2018 tersebut ditandai dengan penyerahan Pataka pada malam puncak acara PDWI 2017 kemarin.

(Baca Juga : Diseminasi Standar Usaha Pariwisata Kalteng)

“Pada perhelatan PDWI 2018 nanti, kita menginginkan persiapan yang matang. Kita harus memperhatikan kriteria seperti busana, penampilan dan seterusnya untuk dapat menyesuaikan dengan tema,” ujar Yerson.

Ia menjelaskan bahwa konsep busana yang dikenakan nantinya selain harus sesuai dengan tema, konsep busana para kontenstan harus mengandung filosofi dan tidak tampil terlalu berlebihan. Demikian halnya dengan penggunaan seni tato temporer. Pengetahuan umum terkait kepariwisataan daerah juga harus ditingkatkan.

Yerson berpendapat bahwa persiapan harus matang dikarenakan pemerintah menarget perolehan devisa tertinggi dari kunjungan wisatawan baik domestik maupun internasional pada tahun 2019. Kesiapan daerah ini mendukung salah satu Nawacita Presiden dalam rangka mendorong percepatan laju pertumbuhan ekonomi segala bidang khususnya pariwisata.

“Ini merupakan peluang yang sangat bagus bahwa Kalimantan Tengah dipercaya untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan PDWI tahun 2018. Pemerintah pusat sangat mendukung peningkatan promosi pariwisata Kalimantan Tengah sehingga kita dapat dikenal di tingkat domestik dan luar negeri. Acara ini pun sesuai dengan visi misi Gubernur Kalimantan Tengah untuk meningkatkan pergelaran kegiatan dalam daerah,” lanjutnya.  (Ann/Foto: Kristin)

Disbudpar Prov. Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook