Laksanakan Maulid Nabi Muhammad SAW Warga Binaan Rutan Palangka Raya Diharapkan Mampu Teladani Akhlak Rasullullah

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 15 November 2018 16:49, Dibaca 39 kali.


MMCKAlteng – Bulan Maulid merupakan bulan yang penuh sejarah dan rahmat bagi umat Islam seluruh dunia, karena pada bulan Maulid ini, Rasulullah SAW lahir kedunia sebagai rahmatan lilalamin, Rahmat agi sekalian alam. Di Indonesia sendiri pada bulan Maulid ini baik itu di Kota maupun didesa, di Mesjid ataupun Mushola sampai pada Instansi Pemerintah dan Swasta semuanya melaksanakan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Terkait akan hal itu, hari ini Kamis (15/11) Rumah Tahanan Negara (Rutan)  Kelas II A Palangka Raya melaksanakan Peringatan Maulid Nabi di halaman dalam Rutan.

Kepala Rutan Akhmad Zaenal Fikri dalam laporannya mengatakan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW ini mengangkat tema “Kita Tauladani Akhlaq dan Budi Pekerti Nabi Muhammad SAW sebagai modal dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”.

(Baca Juga : Lapas Muara Teweh Ikuti Kegiatan Doa dan Dzikir Bersama Melalui Video Conference)

Dikatakannya saat ini Rutan Palangka Raya dihuni sebanyak 626 orang WBP. Dalam kehidupan bersosial bermasyarakat para warga membaur baik yang muslim maupun yang lainnya semuanya hidup dalam keberagaman dibawah binaan para petugas Rutan. Mereka semua dididik dan diberikan ilmu keagamaan untuk menyadari akan kesalahan yang telah mereka perbuat sebelumnya  kelak apabila mereka bebas dan kembali kemasyarakat bisa menjadi warga masyarakat yang baik.

Dijelaskannya pihaknya selalu melaksanakan kegiatan peringatan hari-hari besar keagamaan seperti yang kita laksanakan pada hari ini yakni Maulid Nabi Besar Muhammad SAW sebagai wudud nyata dari pelaksanaan program Gerakan Cinta Ibadah yang telah di canangkan oleh Kakanwil Kemenkumham Kalteng Alm. Agus Purwanto.

Walikota Palangka Raya yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya Ahmad Fauliansyah mengatakan Rasullullah merupakan sumber inspirasi bagi tatanan hidup bersosial bermasyarakat bagi seluruh umat manusia didunia. Karena beliau rahmat dari sekalian alam.

Sementara Plh. Plt. Kepala Kantor Wilayah Hajrianor (Kepala Divisi Administrasi) dalam sambutannya mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan –kegiatan keagamaan yang dilaksanakan pihak Rutan Palangka Raya. menurutnya hal ini merupakan kegiatan yang sangat positif dalam membentuk karakter warga binaan agar bisa menjadi lebih baik.

Sebagaimana yang telah di amanahkan kepada Rutan sebagai wadah pembinaan masyarakat yang telah melanggar hukum. Oleh karena itu diharapkan adanya peran serta dari Pemerintah Daerah agar turut membantu tugas dan fungsi Rutan sehingga pelaksanaan pembinaan warga bisa berhasil guna dan mencapai tujuan.

Pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini, seluruh Warga Binaan yang beragama Islam hadir dan mereka khusyu mengiringi syair-syair Maulid Nabi yang dibawakan oleh group Habsyi Rutan Palangka Raya. ditambah lagi dengan tausiyah dari Ustad Kondang Kota Palangka Raya H. M.uhammad Al-Ghifari yang dengan ciri khasnya selalu menghibur para jama’ah dengan guyonan yang membawa penyadaran akan kesalahan. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Nov. 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook