Lapas Narkotika Kasongan Gelar Penutupan Kegiatan Rehabilitasi Sosial Narkotika dan Pelatihan Kemandirian Tahun 2021

Kontribusi dari Lapas Kasongan, 22 Juli 2021 19:15, Dibaca 402 kali.


MMCKalteng - Katingan – Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Kasongan mengadakan kegiatan penutupan Rehabilitasi Sosial Narkotika dan Pelatihan Kemandirian Tahun 2021 pada Kamis (22/7/2021). Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB yang dilaksanakan di Ruang Kunjungan Lapas Narkotika Kasongan dan berakhir pada pukul 10.30 WIB.

Kegiatan penutupan Rehabilitasi Sosial Narkotika dan Pelatihan Kemandirian dihadiri oleh Bupati Katingan yang diwakili Mozard D.Staius, Kepala BNN Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Bintari Rahayu, Kepala Resort Katingan yang diwakili oleh Kasat Narkoba Polres Katingan Iptu M.Yosef Sukmawiya, Kejaksaan Negeri Katingan, Pabung Kabupaten Katingan, dan Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan. Kalapas Narkotika Kasongan Ahmad Hardi dalam sambutannya menyampaikan hasil laporan kegiatan yang dilaksanakan kurang lebih 6 bulan.

(Baca Juga : Tingkatkan Imunitas Tubuh, Warga Binaan Lapas Sukamara Berjemur di Pagi Hari)

“Lembaga Pemasyarakatan mengadakan 5 kegiatan Pelatihan Kemandirian yaitu Pelatihan pembuatan batako, paving, peternakan, pertanian, dan perikanan. Peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan kemandirian adalah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berjumlah 100 orang dan di setiap kegiatan pelatihan diikuti sebanyak 20 orang per kegiatan,” tuturnya.


“Kegiatan Rehabilitasi Sosial dengan bekerja sama dengan BNN Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan selama 6 bulan dengan jumlah peserta 60 orang WBP. BNN Provinsi Kalimantan Tengah sebagai tenaga Assesor dan konselor dalam kegiatan rehabilitasi telah melaksanakan 2 kali test urine dan hasilnya sebanyak 60 WBP hasilnya negatif,” jelasnya.

Mozard D.Staius dalam sambutannya berharap pelaksanaan program pelatihan kemandirian WBP Tahun 2021 ini dapat membantu produktivitas WBP, memberikan wawasan kepada WBP untuk selalu menjauhi Narkoba serta mempersiapkan WBP untuk siap kembali ke masyarakat setelah bebas. WBP yang kembali ke tengah masyarakat diharapkan dapat menjadi contoh yang baik serta positif di lingkungan tempat tinggalnya.

Kegiatan Rehabilitasi Sosial Narkotika dan Pelatihan Kemandirian Tahun 2021 ditutup secara resmi oleh Kepala BNN Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Bintari Rahayu. "Kegiatan rehabilitasi sosial ini adalah WBP yang sudah menjadi pencandu atau penyalahgunaan Narkotika dapat kembali melaksanakan fungsi sosial di masyarakat pada saat masa pidananya telah usai nantinya serta membina WBP menjadi orang yang produktif yang mandiri tanpa Narkoba,” jelasnya.


Kegiatan diakhiri dengan penyerahan sertifikat Rehabilitasi Sosial Narkotika dan Pelatihan Kemandirian secara simbolis sekaligus pelepasan tanda peserta yang dilakukan oleh Kalapas Narkotika Kasongan, Ahmad Hardi, Mozard D.Staius, dan Bintari Rahayu. Sebelum berakhirnya kegiatan, Kalapas Narkotika Kasongan Ahmad Hardi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini,

"Terima kasih atas terjalinnya sinergitas yang dibangun. Semoga kegiatan ini dapat kita laksanakan di tahun yang akan datang dengan keadaan yang sudah membaik," tutupnya. (Humas Lapas Narkotika Kasongan)

Lapas Kasongan

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook