Kakanwil Kemenag Lantik Penghulu Fungsional Kemenag Kotim

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 27 Mei 2021 14:50, Dibaca 8 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Timur - Sebanyak 5 penghulu fungsional di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pada Kamis (27/5/2021) dilantik oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Kalimantan Tengah, H. Abd. Rasyid. Pelantikan dilakukan di aula Kankemenag setempat, di Jalan Kapten Mulyono, Sampit.

Sejumlah pejabat Kemenag menyaksikan pelantikan itu, diantaranya Plt. Kepala Kankemenag H. Zainudin, Plt. Kabid Bimas Islam HM. Isnaini, dan beberapa kepala seksi. Nampak pula kepala KUA kecamatan, Kasubbag Umum dan Humas Gondo Utomo, serta Koordinator Subbagian Kepegawaian dan Hukum, Ediyanto.

(Baca Juga : Sambut Kedatangan Vaksin, Menag: Jangan Ragu Ikut Vaksinasi Covid-19)

Kakanwil H. Abd. Rasyid mengingatkan bahwa tugas penghulu fungsional berkaitan dengan sah atau tidaknya status pasangan suami istri, sehingga para penghulu diminta untuk berhati-hati dan memastikan semua proses yang dilakukannya telah sesuai ketentuan agama maupun peraturan perundang-undangan. Selanjutnya, H. Abd. Rasyid juga meminta Kantor Kemenag Kotim untuk selalu melakukan monitoring atas pelaksanaan tugas penghulu. Jangan sampai muncul kemungkinan penyalahgunaan wewenang.

“Jangan sampai ada oknum penghulu yang coba-coba salahgunakan wewenang,” tegas H. Abd. Rasyid.

Dalam hal lain, mantan Kakanwil Kemenag Sulawesi Utara ini memberikan tantangan kepada seluruh kepala KUA kecamatan di Kotawaringin Timur untuk segera menyesuaikan diri dengan target Kementerian Agama pusat dalam melakukan revitalisasi. Revitalisasi KUA kecamatan tak hanya soal pembangunan gedung, namun juga langkah peningkatan layanan dan fungsi KUA dalam pembinaan kehidupan keagamaan. (Maturidi)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook