Warga Binaan Lapas Sukamara Terus Lakukan Persiapan Lahan Sebagai Media Tanam

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 14 April 2021 13:10, Dibaca 76 kali.


MMCKalteng - Sukamara - Perluasan lahan di depan blok hunian Warga Binaan yang telah dilakukan terus didorong untuk diubah menjadi lahan yang produktif. Jika sebelumnya telah dilakukan penggemburan dan pengolahan menggunakan traktor, kini pada lahan tersebut dibuatkan bedengan dan saluran air agar dapat benar-benar siap sebagai media tanam nantinya.

Di bawah pengawasan Petugas, Warga Binaan yang telah dipercaya untuk mengolah lahan perkebunan tersebut membuat bedengan/baluran dengan menggunakan cangkul sambil disesuaikan dengan ukuran dan jarak yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini dilakukan agar mempermudah dalam melakukan pemantauan tanaman, perawatan, termasuk juga dalam penyiraman, dan pada saat proses pemanenan tanaman nantinya. Ini juga berfungsi agar sayuran yang ditanam dapat tumbuh dengan rapi dan teratur. 

(Baca Juga : Petugas Kesehatan Rutan Kelas IIB Buntok Terima Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua)


Pengolahan dan pembuatan lahan sebagai media tanam tersebut nantinya akan dibuat menjadi kebun sayur-sayuran yang masa panennya terbilang singkat dan perawatannya tidak begitu sulit seperti sayur kangkung dan sawi. Namun ke depannya nanti juga akan ditanami lombok dan jagung. Hal ini guna meningkatkan produktivitas di Lapas Sukamara khususnya dalam bidang pertanian.

Kristoni, salah satu staf Pembinaan mengatakan bahwa ini semua bukan hanya memberikan manfaat bagi Lapas, tetapi juga bagi Warga Binaan. "Ini nantinya akan memberi manfaat bagi semua terkhusus Warga Binaan. Karena hal ini berguna bagi mereka untuk mengasah keterampilan dalam bercocok tanam, baik pada saat menjalani masa pidana di Lapas maupun saat keluar dari Lapas nantinya," tuturnya, Rabu (14/4/2021). 


Kristoni juga menambahkan, dengan lahan yang luas Lapas Sukamara harus menjadi Lapas yang produktif. "Dengan lahan yang luas sudah semestinya harus kita manfaatkan dengan baik. Ini merupakan hal yang sangat menguntungkan bagi kita. Maka dari itu lahan yang ada ini kita manfaatkan betul agar menjadi lahan yang menghasilkan dan membuat Lapas Sukamara menjadi Lapas yang produktif," tutupnya. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook