Kalapas Sukamara Ikuti Konsultasi Teknis Pengelolaan Lahan Gambut

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 30 April 2021 15:19, Dibaca 3 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara, Joko Prayitno mengikuti kegiatan Konsultasi Teknis Pengelolaan Lahan Gambut Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Sebagai Sarana Pembinaan Narapidana Tahun Anggaran 2021 yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, Jumat (30/4/2021). Bertempat di Hotel Aurila Palangka Raya, kegiatan Konsultasi Teknis Pengelolaan Lahan Gambut yang dilaksanakan selama 2 hari sejak tanggal 29 - 30 April dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah, Ilham Djaya.

Dalam pembukaannya Iham Djaya menyampaikan tujuan dari kegiatan ini tentang pentingnya pengolahan lahan gambut dalam mendukung program pemerintah mewujudkan ketahanan pangan. "Mohon untuk lebih memaksimalkan lahan yang ada guna mendukung pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan," ucapnya.

(Baca Juga : Ratusan Pegawai Kemenag Palangka Raya Jalani Vaksinasi Covid-19)


Mengingat karakteristik tanah di Kalimantan tengah itu berupa lahan gambut, Ilham Djaya mengimbau untuk dapat dilakukan pemanfaatan dan pengolahan yang tepat. "Kita harus tau bagaimana tata cara pengolahan lahan gambut untuk lahan pertanian, sehingga nantinya dapat digunakan secara maksimal," ujarnya.

Dalam kegiatan Konsultasi Teknis Pengelolaan Lahan Gambut, hadir Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya, Sulmin Gumiri sebagai pemateri. Dalam materi yang disampaikan kepada peserta pelatihan, dia menyampaikan bahwa penggunaan pupuk untuk lahan gambut sangat perlu dalam meningkatkan kesuburan tanah.


"Dalam mengolah lahan atau tanah gambut diharapkan lebih mengutamakan penggunaan pupuk organik daripada pupuk anorganik karena seiring berjalannya waktu tanah tersebut akan subur dan bisa digunakan sebagai lahan pertanian yang berkelanjutan," jelasnya.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara, Joko Prayitno yang turut hadir dalam pelatihan mengungkapkan bahwa melalui pelatihan yang diikuti akan semakin menambah pengetahuan dalam tata cara pengolahan lahan gambut secara maksimal, terutama di Lapas Sukamara. "Kita pastikan bahwa apa yang telah diterima melalui materi dalam pelatihan yang diberikan akan kita aplikasikan nanti di Lapas Sukamara," tutupnya. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook