Petugas Rupbasan Ikuti Giat SIPP

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 06 April 2021 18:42, Dibaca 22 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Bertempat di ruang aula atas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Kalimantan Tengah, pegawai Rupbasan Kelas I Palangka Raya mengikuti kegiatan Tindaklanjut LAPOR dan Sosialisasi Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP), Selasa (6/4/2021). Acara Sosialisasi yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 Wib tersebut diikuti oleh seluruh UPT Pemasyarakatan yang ada di Kalimantan Tengah secara Zoom Meeting dipimpin langsung oleh Pelaksana Harian Kepala Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah, Ikmal Idrus.


Sosialisasi ini merupakan tindak lanjut atas target  pembuatan pedoman SIPP oleh Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Kementerian Hukum dan Ham RI Sekretaris Jenderal Pemasyarakatan Republik Indonesia di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah tahun 2021. Dalam paparannya, Deswati selaku Kepala Bagian Layanan Advokasi Hukum Sekretaris Jenderal Kemenkumham menjelaskan, SIPP merupakan media informasi elektronik satu pintu meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggaraan pelayanan publik kepada masyarakat.

(Baca Juga : Wakil Ketua Komite III DPD Serap Aspirasi Haji di Kemenag Kalteng)


Dengan adanya SIPP ini, ke depannya dapat terwujud aksebilitas kemudahan dan kecepatan dalam memperoleh informasi pelayanan publik dan juga mencegah terjadinya penyalahgunaan kewenangan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Untuk Rupbasan Kelas I Palangka Raya sendiri terdapat 4 jenis pelayanan, yaitu:

1. Peninjauan Benda Sitaan dan Barang Rampasan Negara

2. Pengambilan Benda Sitaan dan Barang Rampasan Negara

3. Pinjam Pakai Benda Sitaan dan Barang Rampasan Negara

4. Informasi Benda Sitaan dan Barang Rampasan Negara

Setelah pemaparan materi sosialisasi diberikan, kesempatan tanya jawab bagi para peserta dengan beberapa pertanyaan kemudian saran dan menyampaikan beberapa kendala yang terkait pada implementasi aplikasi SIPP di satker masing-masing. Sosialisasi berjalan dengan lancar dan tertib serta tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus Covid 19. (Red-dok, Humas Kalteng, April 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook