Pendaftar Haji Kalteng di Bulan Januari Capai 346 Orang

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 02 Februari 2021 21:29, Dibaca 123 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pendaftar haji Kalimantan Tengah pada periode bulan Januari 2021 bertambah sebanyak 346 orang. Data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah per tanggal 31 Januari 2021 menunjukkan, pendaftar terbanyak berasal dari Kota Palangka Raya sejumlah 78 orang.

Pendaftar terbanyak kedua berasal dari Kotawaringin Timur sebanyak 39 orang. Disusul Kapuas 38 pendaftar, dan Kotawaringin Barat 37 orang.

(Baca Juga : Rapid Test Antibodi Massal di Rutan Kuala Kapuas)

Pendaftar di beberapa kabupaten lain bervariasi. Misalnya di Barito Utara 12 pendaftar, Barito Selatan 27 orang, Gunung Mas 11 orang, dan pendaftar paling sedikit berada di Pulang Pisau dan Katingan, masing-masing 9 orang.

“Jika dipresentase, maka pendaftar dari Kota Palangka Raya khusus bulan Januari 2021 mencapai 22,54 persen dari semua pendaftar di bulan tersebut,” ujar Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah H. Moh. Asbli melalui staf Siskohat pada Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah, Almustafa, Selasa (2/2/2021).

Sekedar diketahui, dalam penyelenggaraan haji sering terdengar kata Siskohat. Siskohat kini menjadi "jantung" bagi pelayanan jemaah haji, karena seluruh proses pengolahan data untuk kepentingan pembuatan dokumen haji seperti paspor, penerbangan pemberangkatan dan pemulangan, perbankan dan biodata calon jemaah haji mengacu kepada sistem komputer terpadu tersebut.

Jadi, melalui Siskohat tak hanya untuk melayani pendaftaran haji secara online, ternyata juga mencakup seluruh prosesi penyelenggaraan haji mulai dari pendaftaran calon haji, pemrosesan dokumen haji, persiapan keberangkatan (Embarkasi), monitoring operasional di Tanah Suci sampai pada proses kepulangan ke Tanah air (Debarkasi). (Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook