Jaga Pertumbuhan Tanaman Dengan Rutin Melakukan Penyiraman

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 30 April 2021 15:17, Dibaca 147 kali.


MMCKalteng - Sukamara - Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara secara rutin melakukan perawatan terhadap setiap tanaman yang ada di Agrowisata. Salah satu perawatan yang dilakukan setiap harinya adalah menyirami tanaman pada waktu pagi dan sore hari. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman dapat selalu terjaga, Jumat (30/4/2021). 

Perawatan tanaman secara rutin penting untuk dilakukan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Perawatan yang dilakukan diantaranya adalah dengan membersihkan rumput-rumput liar, memberikan pupuk, dan melakukan penyiraman. Pagi atau sore hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan penyiraman terhadap tanaman.

(Baca Juga : Kemenag Sukamara Sampaikan Moderasi Beragama di Kegiatan FKUB)


Penyiraman di pagi hari akan membuat cadangan air untuk tanaman di sepanjang hari, sehingga tanaman akan mampu menghadapi panas matahari dengan lebih baik. Selain itu, menyiram tanaman di pagi hari akan meningkatkan siklus pertumbuhan alami tanaman. Waktu menyiram tanaman di sore hari juga mampu mengurangi penguapan, sehingga siraman air tersebut dapat terserap masuk ke dalam tanaman.

"Melalui warga binaan yang sudah kita tugaskan untuk melakukan perawatan, setiap harinya tanaman di sini kita siram pada waktu pagi dan sore hari, hal ini dilakukan agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman bisa terjaga dengan kebutuhan air yang tercukupi," tutur Joko Prayitno, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara.


Joko Prayitno menambahkan penyiraman terhadap tanaman yang ada di Agrowisata kini menjadi lebih mudah. "Dalam melakukan penyiraman kini telah dipermudah dengan adanya alat yang sudah kita buat kemarin dengan menggunakan pipa sebagai wadah aliran air yang langsung menuju ke tanaman. Karena tidak semua tanaman kita pasangi alat tersebut jadi penyiraman secara manual juga tetap kita lakukan," pungkasnya. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook