Madrasah Jadi Pusat Penyemaian Moderasi Beragama

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 09 Maret 2021 12:05, Dibaca 76 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Moderasi beragama menjadi salah satu bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Kementerian Agama dengan seluruh satuan kerjanya bertanggung jawab untuk mewujudkan moderasi beragama itu.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalimantan Tengah H. Abd. Rasyid meminta agar moderasi beragama diupayakan melalui berbagai metode dan saluran. Salah satunya melalui pembelajaran di madrasah.

(Baca Juga : Kementerian Agama Gelar Sayembara Berhadiah)

“Madrasah tentu harus menyemaikan moderasi beragama kepada peserta didiknya,” kata H. Abd. Rasyid, Selasa (9/3/2021) di Palangka Raya.

Dikatakan H. Abd. Rasyid, dirinya selalu mengingatkan pentingnya pembelajaran moderasi beragama kepada pelajar madrasah. Hal tersebut diharapkan bisa menjadi ikhtiar bersama untuk memiliki generasi muda yang memiliki sikap toleran dan menghormati perbedaan.

“Misalnya pada saat saya memberikan pembinaan di MTs Negeri 2 Kotawaringin Barat beberapa waktu lalu, saya juga meminta guru di madrasah itu untuk memasukkan pemahaman tentang moderasi beragama kepada para siswa,” bebernya.

“Madrasah harus menjadi pusat penyemaian moderasi beragama,” imbuh H. Abd. Rasyid.

H. Abd. Rasyid mencontohkan, seperti halnya target terlaksananya pelaksanaan peribadahan bagi masyarakat yang aman rukun, ditingkatkan menjadi masyarakat yang religius (shalih) dalam menjalankan ketaatan beragama dengan moderasi dan toleransi,

Mantan Kakanwil Kemenag Sulawesi Utara ini yakin bahwa hal itu bisa memberikan dampak positif bagi pencapaian RPJMN. Muara akhirnya adalah terwujudnya generasi yang rukun dan mencintai perdamaian. (Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook