Kirim Satu Orang Personel Rutan Palangka Raya Ikuti Penguatan Fungsi Kehumasan

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 24 Maret 2021 16:14, Dibaca 145 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya ikuti penguatan Kehumasan melalui salah satu Pegawainya dan Kasubsi Pengelolaan, Akhmad Yandi mewakili Kepala Rutan Palangka Raya yang digelar oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah, Rabu (24/3/2021). Penguatan Kehumasan merupakan bentuk keseriusan Kanwil Kemenkumham Kalteng dalam mengelola kehumasan yang handal dan kompeten, karena kehumasan memilki peran yang sangat penting bagi satuan kerja dalam hal publikasi berita yang berkaitan dengan seluruh kegiatan-kegiatan positif yang dilaksanakan masing-masing Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Kegiatan dilaksanakan di Aula atas Kanwil Kemenkumham Kalteng yang dihadiri Kepala Kanwil Kemenkumham Kalteng, Ilham Djaya sebagai narasumber Kepala Biro Humas Kemenkumham RI Heni Susila Wardoyo, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Haris Sadikin, dan Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik yang diwakili oleh kepala seksi kehumasan Arbandigana Patianom dan peserta dari masing-masing UPT se-Kalimantan Tengah. Acara dimulai dengan sambutan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah, Ilham Djaya.

(Baca Juga : Karsa Berikan Layanan Eazy Passport di Kantor Kecamatan Parenggean)

Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan progres kehumasan yang telah dicapai. "Saya bersyukur bahwa kehumasan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah semakin produktif dan dapat menyampaikan informasi terkait kinerja kemenkumham kepada masyarakat umum," jelas Ilham.

Selain itu Kakanwil terus mendorong agar kehumasan terus ditingkatkan, salah satunya melalui acara penguatan kehumasan. Pada kesempatan yang sama Kepala Biro Humas Kemenkumham Dalam paparannya menyampaikan tentang tujuan dan fungsi penting kehumasan.


"Tujuan humas pemerintah meningkatkan citra positif pemerintah, memenuhi hak tahu publik, mengakomodasi apresiasi masyarakat. Kita harus siap memberi informasi, sepanjang korelasinya masuk dalam lingkup kerja kita. Gestur dan atittude manjadi penting dimiliki seorang humas, dan mampu menyesuaikan dengan kebutuhan organisasi. Humas harus ramah dan murah senyum serta menjiwai tugas dan fungsi kehumasan," ucapnya.

Kepala Biro Humas dan Kerja Sama juga memberikan apresiasi kepada Kanwil Kemenkumham Kalteng yang belum lama ini mendapatkan penghargaan institusi terbaik kedua dalam kehumasan di wilayah provinsi Kalimantan Tengah.

"Terus ukir prestasi kehumasan, karena seluruh pekerjaan kita harus diinfokan kepada masyarakat umum yang mempunyai hak untuk memperoleh informasi, selain itu Kehumasan harus bermitra atau bersinergi dengan media untuk mempercepat dan memperluas penyebaran berita," sambungnya.


Hadir juga sebagai narasumber dari Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah, Haris Sadikin. "Kita sebagai humas harus memposisikan diri sebagai corong informasi, sehingga diperlukan humas yang aktif untuk menyampaikan aktivitas kelembagaan. Humas juga mempunyai fungsi manajemen untuk membangun hubungan, baik kepada media maupun masyarakat, salah satunya yaitu melalui media sosial," ucapnya.

Di sesi terakhir materi disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik yang diwakili oleh Kepala Seksi Kehumasan, Arbandigana Patianom. "Humas itu penting sekali dalam konteks apapun. Di era digital humas dituntut untuk proaktif dan inovatif dalam mengikuti perkembangan teknologi," katanya. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook