Kondisi Geografis Tak Halangi Aparatur Kemenag Dalam Layani Masyarakat

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 25 Januari 2021 11:26, Dibaca 76 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kondisi geografis Kalimantan Tengah berpengaruh pada akses ke sejumlah daerah. Namun hal itu tak menyurutkan semangat aparatur Kementerian Agama Kalimantan Tengah dalam melayani masyarakat.

Layanan yang biasanya harus menembus berbagai kendala geografis adalah pencatatan nikah. Di beberapa kabupaten, penghulu pada Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan harus menempuh perjalanan yang relatif sulit.

(Baca Juga : Dorong Pembangunan, Lapas Sukamara Produksi Paving Block Secara Mandiri)

Seperti yang dilakoni Kepala KUA Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas H. Nabchan. Dirinya mengaku seringkali harus menggunakan jalur sungai untuk melayani pencatanan nikah masyarakat setempat.

“Memang ada pilihan mau menikah di KUA atau di luar KUA. Nah, kalau di luar KUA ini saya beberapa kali harus menggunakan kelotok untuk menjangkau masyarakat,” kata H. Nabchan, Senin (25/1/2021).

Dikatakan H. Nabchan, faktor geografis tidak menjadi halangan bagi dirinya dalam menjalankan tugas. Kendati harus menempuh perjalanan jauh, ada kepuasan tersendiri yang dirasakan dirinya ketika dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Layanan prima Kementerian Agama melalui KUA tetap menjadi prioritas walau harus melalui rute yang jauh,” bebernya.

Senada, penyuluh fungsional pada Kantor Kemenag Palangka Raya H. Ansori mengakui harus berjibaku dengan kondisi akses transportasi ke lokasi penyuluhan. Diakuinya, semangat masyarakat yang mengikuti kegiatan keagamaan menjadi motivasi tersendiri baginya.

“Sesulit apapun akses ke lokasi pengajian atau penyuluhan, saya tetap bersemangat mendatanginya. Selain karena memang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab, saya juga termotivasi dengan tingginya antusias masyarakat saat mengikuti pengajian,” aku H. Ansori.

Terpisah, Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah H. Abd. Rasyid memuji dedikasi dan komitmen pelayanan dari jajarannya. Menurut H. Abd. Rasyid, sudah seharusnya seluruh aparatur Kemenag memiliki niat dan kesungguhan yang sama dalam melayani masyarakat.

“Aparatur Kemenag Kalimantan Tengah sudah seharusnya memiliki dedikasi tinggi dalam menjalankan tugasnya. Saya mengajak kepada semua aparatur di seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Tengah untuk menjaga dan meningkatkan dedikasi tersebut,” pinta H. Abd. Rasyid. (Dadiyanto/Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook