Sambangi 2 UPT Pemasyarakatan, PK Bapas Palangka Raya Gali Data WBP Guna Susun Litmas

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 09 April 2021 13:33, Dibaca 32 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Tak kurang dari 10 Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Balai Pemasyarakatan Kelas I Palangka Raya mengunjungi 2 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan yang berbeda, yaitu Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Kasongan dan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kuala Kapuas guna melakukan penggalian data pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) guna penyusunan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) pada Kamis (8/4/2021) siang. Proses pengambilan data memiliki peranan penting dalam proses pembuatan litmas guna pengusulan reintegrasi seorang WBP.


Proses tersebut dilakukan sebanyak dua kali yakni pada WBP yang bersangkutan dan penjamin WBP. Penjamin dalam hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2018.

(Baca Juga : Rapat Evaluasi Dan Persiapan Penyampaian Data Kabupaten/Kota Peduli HAM)

Amri selaku Kepala Seksi Bimbingan Klien Dewasa yang turut dalam rombongan melakukan pengambilan data di Rutan Kuala Kapuas menjelaskan, "Proses wawancara ini sangat prinsip, karena seorang PK harus betul-betul mengenali seperti apa WBP yang nantinya akan dibimbing. Dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini sebetulnya bisa secara daring, namun kami tetap datang secara langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.


Senada dengan Amri, Abrina Sihombing selaku PK Ahli Pertama yang bersama rombongan berbeda melakukan penggalian data di Lapas Narkotika Kasongan menyampaikan, "Pada proses wawancara seperti ini selain kami memastikan kelayakan penjamin, kami juga menjelaskan kewajiban para WBP untuk wajib lapor ketika nanti sudah menjalani masa reintegrasi sosial. Terkadang para klien masih salah persepsi jika proses reintegrasi sosial mereka anggap layaknya bebas murni yang tidak memiliki kewajiban wajib lapor lagi," tukas Abrina. (Red-dok, Humas Kalteng, April 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook