Kolaborasi Lapas Sampit Dengan Puskesmas Ketapang 1

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 19 Maret 2021 14:20, Dibaca 108 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Timur - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sampit bersama Tim Kesehatan Puskesmas Ketapang 1 Sampit melakukan skrining HIV/AIDS kepada para Narapidana di poliklinik Lapas, Kamis (18/3/2021). Sustetiana selaku Kasubsi Perawatan menyampaikan bahwa Puskesmas Ketapang 1 secara kontinyu sangat membantu Lapas Sampit dalam melakukan perawatan kesehatan bagi narapidana/tahanan secara rutin termasuk pelaksanaan skrining HIV/AIDS kali ini dan kegiatan skrining HIV/AIDS ini bertujuan untuk mendeteksi potensi munculnya gejala maupun potensi penderita HIV/AIDS dari para narapidana.


Salah satu perawat dari Puskesmas Ketapang 1 (Menang) menjelaskan, akan peran Puskesmas Ketapang 1 yang selalu mendukung Puskesmas Pembantu seperti Pustu Lapas Sampit dalam mengelola kesehatan baik upaya deteksi dini seperti skrining maupun dalam hal perawatan kesehatan.

(Baca Juga : Kemenag Kalteng Aktif Lakukan Program Pencegahan Covid-19)

"Kami akan terus berkolaborasi dengan Lapas Sampit dalam rangka melakukan berbagai upaya pemeliharaan kesehatan bagi narapidana/tahanan," tambahnya.


Selanjutnya, Kaharudin yang bertindak sebagai dokter Lapas melaporkan bahwa skrining HIV/AIDS kali ini diikuti oleh 40 (empat puluh) orang narapidana baik pria maupun wanita dengan hasil semuanya negatif atau tidak satupun yang terdeteksi menderita HIV/AIDS. Sementara itu, Agung Supriyanto selaku Kalapas Kelas IIB Sampit memberikan apresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Puskesmas Ketapang 1 yang selama ini dengan serius telah membantu Lapas Sampit, semoga kerja sama ini terus dapat dilaksanakan bahkan semakin ditingkatkan.

"Kegiatan skrining HIV/AIDS merupakan wujud kolaborasi Tim Kesehatan Lapas Sampit dengan Puskesmas Ketapang 1 ini sangat penting artinya sebagai bentuk kegiatan deteksi dini kesehatan para narapidana di Lapas Sampit," pungkas Agung. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook