Ponpes di Palangka Raya Diedukasi Covid-19

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 17 Desember 2020 13:00, Dibaca 264 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Berbagai upaya terus dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di pondok pesantren (Ponpes) di Kota Palangka Raya. Misalnya dengan melakukan edukasi seperti yang dilakukan Kantor Kementerian Agama bersama Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya.

Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Palangka Raya, Rahmat Fauzi mengatakan, kegiatan edukasi ke Ponpes itu dilakukan dua tahap. Tahap pertama tim dari Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota bersama Seksi PD Pontren Kemenag Kota melakukan edukasi ke Ponpes Hidayatul Insan, Ponpes Manba’u Darissalam, Ponpes Darul Amin, Ponpes Tahfidzul Quran Hasanka dan Ponpes Al-Wafa.

(Baca Juga : Rupbasan Ikuti Webinar Sosialisasi Ekspektasi Pemangku Kepentingan Dalam Rezim Kekayaan Intelektual yang Responsif)

“Kemudian, di tahap kedua edukasi dilakukan di lima pesantren yaitu Ponpes Mujahidul Amin, Ponpes Raudhatul Jannah, Pondok Pesantren Salafiyah Iqro, Ponpes Hidayatullah dan Ponpes Darul Ulum,” jelas Fauzi, Kamis (17/12/2020).

Selain kegiatan edukasi, tim Dinas Kesehatan juga membagikan masker kain dan spanduk terkait anjuran penerapan protokol kesehatan. Pada edukasi tahap kedua, tim Dinkes melibatkan organisasi profesi Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Provinsi Kalteng dengan menurunkan lima dokter sebagai narasumber untuk memberikan penjelasan terkait virus corona dan strategi ampuh menghindari penularannya di lingkungan pesantren. Tim dokter itu terdiri dari dr. Fitrianto Leksono, dr. Octavianes Tarigan, dr. Dian Mutia, dr. Erick Darossi dan dr. Ashari Mohpul.

“Untuk edukasi tahap pertama narasumbernya Kabid Kesmas dr. Dewi Rama Dewa, dan Kasi Promosi Kesehatan, Siti Rofiah. Sementara tahap dua, tim Dinkes dan PDUI Kalteng mengutus lima dokter menjadi narasumber,” ucapnya.

Fauzi mewakili Kepala Kantor Kemenag Kota, Achmad Farichin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Kesehatan khususnya Bidang Kesmas dan organisasi profesi PDUI yang telah membantu pencegahan Covid-19 di lingkungan lembaga pendidikan pesantren melalui kegiatan edukasi.

“Alhamdulillah 10 pesantren di kota sudah diedukasi semua. Kami berterima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota, semoga ini bisa semakin mendorong warga Ponpes disiplin dalam melakukan adaptasi kebiasaan baru sehingga semua akan terhindar dari virus Corona,” ucapnya.

Sementara, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, dr. Dewi Rama Dewa, mengatakan, pandemi Covid-19 di Kota Palangka Raya dan sekitarnya masih berlangsung. Karena itu seluruh masyarakat tidak terkecuali warga pondok pesantren harus ekstra hati-hati dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kami mengajak masyarakat termasuk warga pesantren untuk melakukan adaptasi kebiasaan baru, karena pandemi Covid-19 masih berlangsung. Kita yang harus bisa beradaptasi dengan kondisi saat ini yaitu dengan menerapkan kebiasaan menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan menjaga jarak,” katanya.

Dikatakan, virus corona bisa menular ke siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Karena itu masyarakat harus ekstra waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. (Eka/Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook