Moderasi Beragama Jadi Bagian Tidak Terpisahkan dari Umat Buddha

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 13 Maret 2021 12:54, Dibaca 10 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Direktur Urusan dan Pendidikan pada Ditjen Bimas Buddha Kemenag RI Supriadi mengatakan, moderasi beragama seharusnya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam seluruh aktivitas pembinaan, pergaulan dan keseharian umat Buddha.

“Termasuk pada pimpinan majelis, pandita dan seluruh pegurus rumah ibadah agama Buddha di Kalimantan Tengah,” kata Supriadi ketika membuka kegiatan moderasi lembaga keagamaan Buddha di Palangka Raya, Sabtu (13/3/2021).

(Baca Juga : WBP Lapas Palangka Raya Rayakan Dharma Shanti Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943)

Supriadi yang memberikan sambutan secara daring itu menambahkan, umat Buddha di Kalimantan Tengah harus memiliki komitmen yang sama untuk menjadi umat beragama yang berkualitas dan moderat. Pemerintah memberikan ruang seluas-luasnya bagi tumbuh dan berkembangnya kehidupan beragama bagi masyarakatnya.

“Oleh karenanya, dalam tumbuh dan berkembangnya masing-masing agama itu perlu adanya sikap yang dapat menerima perbedaan-perbedaan yang ada,” beber Supriadi.

Dikatakan, moderasi beragama menjadi program penting pemerintah untuk mewujudkan manusia Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Yang dijadikan moderat bukanlah agamanya, melainkan pengalaman agama tersebut.

“Sikap moderat ini menjadi bagian penting untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa,” jelasnya. (Teguh)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook