Dua Puluh Narapidana Rutan Kuala Kapuas Dipindahkan ke Palangka Raya dan Kasongan

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 10 Maret 2021 10:31, Dibaca 10 kali.


MMCKalteng - Kapuas – Sebanyak 20 Narapidana dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya dan Lapas Khusus Narkotika Kelas IIA Kasongan, Rabu (10/3/2021). Narapidana yang dipindahkan tersebut antara lain 10 orang Narapidana kasus narkotika ke Lapas Kasongan dan 10 Narapidana tindak pidana umum ke Lapas Palangka Raya.

Pengiriman ini dilakukan tadi pagi sekitar pukul 06.00 WIB dengan dilakukan pengawalan oleh pihak Kepolisian Resort (Polres) Kapuas. Kepala Rutan Kuala Kapuas melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR), Julianoor membenarkan adanya pemindahan narapidana tersebut.

(Baca Juga : Gemar Bercocok Tanam, Lapas Sukamara Hidupkan Lahan Kosong)


“Iya benar tadi pagi ada pengiriman sebanyak 20 narapidana ke Lapas Palangka Raya dan Lapas Kasongan,” ungkap Julianoor saat ditemui setelah apel pagi di Rutan Kuala Kapuas.

Julianoor mengatakan bahwa pengiriman narapidana ini dalam rangka penanganan masalah over capacity. “Yang pertama untuk menangani masalah over kapasitas di Rutan Kuala Kapuas, jumlah penghuni di Rutan Kuala Kapuas kan ada 297 orang, sementara kapasitasnya hanya 200 orang saja, sehingga perlahan harus dipindahkan untuk mengurangi angka over kapasitas tersebut,” jelasnya. 


“Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas pembinaan narapidana tersebut agar mendapatkan pembinaan yang lebih baik di Lapas, yang mana lapas memang tempatnya pembinaan bagi narapidana sebagaimana dalam peraturan,” tutup Julianoor.

Perlu diketahui bahwa fungsi Rutan adalah untuk penitipan Tahanan selama proses peradilan, dan Lapas adalah tempat untuk pembinaan narapidana yang telah memiliki hukum tetap, sehingga sudah sangat wajar apabila Rutan memindahkan narapidana ke Lapas. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook