Begini Sensasi Dipotong Rambut Oleh Narapidana Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 26 Februari 2021 12:16, Dibaca 96 kali.


MMCKalteng - Kapuas - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas berikan pembinaan kemandirian di bidang pangkas rambut atau barbershop, Jumat (26/2/2021). Untuk sementara ini pangkas rambut hanya melayani bagi WBP dan petugas Rutan Kuala kapuas, belum bisa melayani masyarakat luar.

Terlihat petugas Rutan Kuala Kapuas, Usman sedang menikmati sensasi dipotong rambut oleh Narapidana di ruang bimbingan kerja (bimker) dengan tetap diawasi oleh petugas Kemandirian Rutan Kuala Kapuas. Kegiatan pangkas rambut ini dibuka mulai jam 8 pagi hingga jam 11.30 dan buka lagi jam 2.30 siang sampai jam 4 sore.

(Baca Juga : Lapas Sukamara Terima Kunjungan Dari Puskesmas Sukamara)

“Saya puas, hasilnya bagus bahkan mampu bersaing dengan barbershop di luar,” tutur Usman.


Di tempat lain, Kepala Rutan Kuala Kapuas, Toni Aji Priyanto mengaku sering potong rambut di barbershop Rutan Kuala Kapuas.

“Saya sering potong rambut di sini, selain untuk mendukung kegiatan pembinaan di Rutan Kuala Kapuas, juga untuk memberikan contoh kepada WBP dan pegawai lain agar ikut mendukung program pembinaan di bidang barbershop ini,” pungkasnya, saat dijumpai di taman letter S Rutan Kuala Kapuas.

Toni juga mengatakan bahwa sensasi yang didapatkan saat rambutnya dipotong oleh Narapidana itu sangat berbeda dengan biasanya saat dipotong oleh tukang pangkas rambut di barbershop luar.


“Sensasinya tuh yang kita tidak bisa dapatkan di barbershop manapun di luar, terkadang muncul perasaan was-was, namun tidak perlu takut bahwasanya mereka itu sudah memenuhi syarat administratif dan substantif, sudah melalui tahap asessmen dan sudah melalui serangkaian sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan serta keluarganya bersedia menjadi penjamin,” jelasnya.

“Oh iya, hanya Napi pangkas rambut saja loh yang bisa megang kepala saya, hebat kan,” tutur Toni sambil tertawa bercanda.

Rencana ke depannya barbershop ini akan dibuka di halaman depan Rutan Kuala Kapuas, agar masyarakat luar bisa potong rambut dengan harga ekonomis dengan hasil yang tidak kalah bagusnya, serta bisa ikut merasakan sensasinya dipotong rambut oleh Narapidana. (Red-dok, Humas Kalteng, Februari 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook