Rutan Kuala Kapuas Gelar Acara Peringatan Isra’ Mi’raj 1442 H dan Peringatan Haul Abah Guru Sakumpu Ke-16

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 08 Maret 2021 15:32, Dibaca 171 kali.


MMCKalteng - Kapuas - Senin (8/3/2021), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas menyelenggarakan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 H/2021 M yang bertempat di mesjid At-Taubat Rutan Kuala Kapuas. Acara ini mengambil tema “Mari Kita Tingkatkan Kesadaran Serta Pembinaan Kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Untuk Membentuk Akhlakul Karimah”. Disertai juga dengan Peringatan Haul Abah Guru Sakumpul Yang Ke-16.

Peringatan isra mi’raj diikuti oleh pejabat struktural, tamu undangan, penceramah agama dan petugas serta WBP Rutan Kuala Kapuas yang beragama islam. Acara dibuka dengan penampilan Habsyi oleh WBP dan dilanjutkan dengan sambutan Pelaksana Harian (PLH) Kepala Rutan.

(Baca Juga : Kemenag Kalteng Siap Jalankan Kebijakan Penyederhanaan Struktur Organisasi)

PLH Kepala Rutan, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR), Julianoor dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Guru Rahmad Hidayat yang sudah berkenan hadir untuk memberikan tausyiah dalam acara isra mi’raj pada hari ini. Dan juga memberikan apresiasi kepada warga binaan yang hadir dalam acara tersebut, karena ini merupakan modal dalam menjalankan kehidupan untuk menjadi lebih baik lagi.


"Saya selaku PLH Kepala Rutan menyampaikan permohonan maaf Kepala Rutan berhalangan hadir karena sedang melaksanakan tugas di luar kota, terima kasih kepada Guru Rahmad Hidayat yang sudah berkenan hadir untuk memberikan tausiah dalam acara isra mi’raj pada hari ini,” pungkas Julianoor.

Ustadz Guru Rahmat Hidayat dalam ceramah agama menceritakan tentang hikmah dari peringatan isra mi’raj nabi muhammad SAW.

“Hendaknya kita sebagai manusia harus sering bersyukur dengan apa yang sudah kita dapatkan, terutama bersyukur sampai saat ini kita masih bisa bernafas. Bukan hanya bersyukur melihat yang cantik dan yang ganteng,” tutur beliau sambil guyon dan mencairkan suasana.


Dikhususkan untuk warga binaan, guru mengingatkan bahwa tidak ada kata terlambat untuk bertaubat kembali ke jalan Allah SWT karena Allah SWT selalu memberikan maaf kepada siapapun yang benar-benar ingin bertaubat. Di akhir ceramah ustadz rahmat hidayat mengajak semuanya untuk senantiasa bershalawat kepada Rasul karena shalawat akan memberikan safaat dan selalu tingkatkan ibadah, yaitu shalat dan perbuatan amal sholeh.

Acara ditutup dengan doa, dan ditambah dengan pemberian akta kepada 2 orang WBP laki-laki (S) dan perempuan (M) yang sudah masuk Islam. Pemberian akta diwakili dan diberikan oleh Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Wahyu Cahyadi.

"Alhamdulilah karena acara berjalan dengan khidmat, tertib dan aman bersama warga binaan yang antusias mengikuti acara dari awal sampai selesai. Mudah-mudahan acara ini dapat meningkatkan pembinaan dari petugas dan pengurus majelis di Rutan Kapuas kepada warga binaan untuk kesadaran mereka membentuk akhlakul karimah " tutur Wahyu Cahyadi, Ketua Umum Majelis Rutan Kuala Kapuas. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook