Internalisasi E-RB Kemenkumham Pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 08 Maret 2021 12:23, Dibaca 332 kali.


MMCKalteng - Sukamara – Dalam era reformasi birokrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia ikut turut serta dalam rangka memantau perkembangan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dalam satuan kerja di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang ada di seluruh Indonesia melalui situs website https://erb.kemenkumham.go.id/. Terkait dengan hal tersebut, Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara juga ikut berperan dalam membangun reformasi birokrasi dengan melakukan internalisasi pada satuannya, Senin (8/3/2021).

Seluruh jajaran Kemenkumham, baik Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan maupun Keimigrasian melakukan pengisian E-RB dalam website tersebut guna mendukung reformasi birokrasi di Indonesia. Proses ini sebagai perubahan dari kondisi saat ini menuju kondisi yang diinginkan dalam lingkup Reformasi Birokrasi.

(Baca Juga : Lapas Sampit Kembali Terapkan Prokes Dalam Menerima Tahanan Baru )


Kementerian Hukum dan HAM berupaya keras guna mewujudkan pelayanan prima melalui perbaikan kinerja dan pelayanan kepada publik dalam bidang Hukum dan HAM. Kementerian Hukum dan HAM sebagai pelayan masyarakat harus mampu melakukan perubahan yang signifikan pada elemen-elemen birokrasi antara lain kelembagaan, sumber daya manusia aparatur, ketatalaksanaan, akuntabilitas aparatur, pengawasan, dan pelayanan publik.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara, Joko Prayitno memberikan penjelasan internalisasi terkait E-RB kepada seluruh pegawai. Dimana dalam website Portal Elektronik Reformasi Birokrasi Kemenkumham RI berisi kegiatan terdiri dari Lembar Kerja Elektronik (LKE), Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT).


"Dalam Portal elektronik berisikan LKE, PMPRB, dan RKT. Dalam RKT ini juga ada terdapat 6 area perubahan yang harus dipenuhi oleh UPT agar terciptanya tata kelola pemerintahan yang bersih, meningkatkan pelayanan publik, kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi dan profesionalisme SDM Aparatur," tuturnya.

Joko Prayitno juga berpesan kepada seluruh pegawai agar bisa andil dalam hal ini. "Kepada seluruh pegawai agar bisa untuk turut serta dalam mensukseskan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia terkhusus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara. Saya minta semuanya terlibat dan berperan aktif," tutupnya. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook