Penyuluh Agama Hindu di Kotim Diminta Perkuat Kerukunan

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 03 Februari 2021 10:50, Dibaca 109 kali.


MMCKalteng – Kotawaringin Timur – Pembinaan umat Hindu di Kabupaten Kotawaringin Timur semakin diperkuat dengan hadirnya 15 penyuluh agama non PNS. Para penyuluh telah menerima SK pengangkatan yang diserahkan oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur  H. Zainuddin, belum lama tadi.

Tentang tugas bagi penyuluh agama Hindu non PNS, H. Zainuddin di ruang kerjanya mengatakan, salah satu tugas yang diemban penyuluh adalah memperkuat kerukunan umat beragama. Melalui kegiatan keagamaan yang diampunya, penyuluh diminta memberikan pencerahan tentang apa dan bagaimana kerukunan tersebut.

(Baca Juga : Kakanwil Ingatkan Moderasi Beragama Kepada Guru Madrasah di Maliku)

“Ini menjadi sangat penting karena penyuluh agama setiap saat berinteraksi dengan masyarakat. Dan tidak hanya penyuluh agama Hindu saja, namun semua penyuluh agama juga wajib menyampaikan tentang kerukunan umat beragama itu,” kata H. Zainuddin, Rabu (3/2/2021).

Era keterbukaan informasi yang terjadi saat ini menjadi salah satu tantangan besar dalam menjaga kerukunan umat. Penyebaran berita bohong sering kali menjadi pemicu konflik sosial di masyarakat.

“Kondisi tersebut harus menjadi perhatian kita semua, agar apapun informasi yang berusaha memecah belah kerukunan itu tidak lantas dipercaya oleh masyarakat. Penyuluh agama harus hadir untuk memberikan pemahaman,” urainya.

Selain itu, penyuluh agama juga berkewajiban membina umat agar bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai cara yang diajarkan agamanya, serta mencegah penyelewengan ajaran agama di tengah-tengah umat.

“Pembangunan sehebat apapun, program kesejahteraan sebagus apapun tidak ada artinya kalau umat beragama ini tidak rukun,” jelas H. Zainuddin. (MPH/YN/Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook