Berupaya Cegah Gangguan Kamtib, Lapas Kasongan Lakukan Sosialisasi

Kontribusi dari Lapas Kasongan, 01 Maret 2021 10:30, Dibaca 237 kali.


MMCKalteng – Katingan - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Wanita Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA (LPN) Kasongan dikumpulkan di aula Poliklinik untuk mendapatkan sosialisasi terkait Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) di LPN Kasongan, Senin (1/3/2021). Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka.KPLP), Suwono ditemani oleh Kepala Seksi (Kasi) Administrasi Kamtib, Jauhar Arifin, Kasi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Binadik), Agus Ardiyanto, Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Registrasi, Hadiyanto Prabowo dan Petugas Blok Wanita memberikan arahan sekaligus sosialisasi kepada WBP Wanita.

Dalam sosialilsasi ini, Ka.KPLP menyampaikan tentang peraturan dan tata tertib bagi WBP. Suwono menjelaskan bahwa LPN Kasongan seharusnya hanya menampung Narapidana Narkoba yang berjenis kelamin Pria, pihak LPN Kasongan terpaksa untuk sementara waktu menampung Narapidana Wanita. Oleh karena itu, WBP Wanita harus mengikuti dan menyesuaikan peraturan yang berlaku di LPN Kasongan. Sosialisasi ini juga merupakan upaya pencegahan gangguan Kamtib, yaitu masuknya barang-barang terlarang seperti Narkoba, alat komunikasi dan senjata tajam.

(Baca Juga : Tim Yankomas Lapas Sampit Ikuti Penguatan Dan Pengukuhan)

Kepala LPN Kasongan melalui Kasi Binadik mengatakan bahwa LPN Kasongan telah memberikan 2 kamar khusus untuk WBP Wanita yang terpisah dari blok Pria, untuk menghindari pelanggaran Kamtib. Hal ini dikarenakan Blok yang sebelumnya ditempati WBP Wanita digunakan untuk WBP Pria yang akan mengikuti Program Rehabilitasi Sosial.

“Beruntung WBP Wanita di sini hanya tersisa 19 orang, karena sebelumnya kami telah memindahkan sebagian ke Lapas Perempuan Palangka Raya. 19 orang ini sudah kami bagi ke dalam 2 kamar khusus yang terpisah,” ucapnya.

“Kami telah berkoordinasi dengan Kepala Lapas Perempuan Palangka Raya terkait pemindahan 19 WBP Wanita yang tersisa, akan tetapi terkendala karena Lapas Perempuan yang masih dalam tahap pembangunan dan telah melampaui batas kapasitas penghuni,” jelasnya. (Humas Lapas Kasongan)

Lapas Kasongan

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook