Deteksi Dini, Tim Satops Patnal Lapas Sukamara Gelar Razia di Kamar Hunian WBP

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 18 Maret 2021 15:34, Dibaca 94 kali.


MMCKalteng - Sukamara - Untuk memantau dan mengevaluasi keamanan dan ketertiban khususnya di area blok dan kamar hunian Warga Binaan, petugas Lapas Sukamara yang tergabung dalam Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara mengadakan razia rutin, Kamis (18/3/2021). Razia tersebut untuk memastikan keamanan dan ketertiban di blok khususnya dan secara luas di Lapas sebagai tindakan deteksi dini dari gangguan keamanan dan ketertiban Lapas untuk menekan zero pelarian dan kerusuhan.

Joko Prayitno selaku Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara bertindak langsung untuk memimpin razia rutin, sebagaimana biasanya dalam operasi razia ini tidak atau belum pernah ditemukan sesuatu barang yang terindikasi berbahaya untuk digunakan melakukan pelanggaran oleh Warga Binaan. Selain himbauan untuk mengikuti program pembinaan dengan baik, pihak Lapas Sukamara juga memberikan edukasi dan pendekatan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan, khususnya gangguan keamanan dan ketertiban seperti pelarian dan perkelahian melalui program Pojok Barigas ketika ada Warga Binaan yang mengalami kendala atau konflik antara sesama warga binaan maupun terhadap petugas.

(Baca Juga : Bapas Sampit Terima 17 WBP Dari Lapas Sampit Untuk Ikuti Program Asimilasi Permenkumham RI No. 32 Tahun 2020)

Saat dimintai keterangan setelah melakukan razia, Joko Prayitno menuturkan bahwa ini merupakan bentuk antisipasi yang terus dilakukan Lapas untuk meminimalkan gangguan keamanan dan ketertiban.


"Apa yang telah kami lakukan bersama Tim Satops Patnal hari ini, yaitu melakukan razia di blok hunian merupakan kegiatan wajib yang terus kami lakukan dalam menjaga Lapas supaya tetap kondusif dan aman," tuturnya.

Joko Prayitno juga mengatakan akan terus mensosialisasikan kepada Warga Binaan melalui Sub Seksi Keamanan dan Ketertiban tentang aturan yang berkaitan dengan SOP boleh atau tidaknya barang yang masuk ke dalam Lapas.

"Kami juga terus melakukan sosialisasi kepada Warga Binaan terkait aturan SOP yang berkaitan dengan barang yang bisa masuk dan dilarang masuk ke dalam kamar hunian, sehingga apa yang menjadi harapan kita Lapas dapat aman dan terkendali dapat diwujudkan," tambahnya.


Plh. Kepala Sub Seksi Keamanan dan Ketertiban, Zainuddin juga menambahkan bahwa razia yang dilakukan melibatkan seluruh anggota Keamanan pada Lapas Sukamara. "Razia ini intinya kita lakukan untuk meningkatkan keamanan pada Lapas Sukamara. Seluruh anggota yang tergabung dalam Satops Patnal kita libatkan supaya ini benar-benar mampu untuk melakukan deteksi terhadap hal-hal yang dirasa dapat menimbulkan gangguan kamtib," tambahnya.

Ricky Sakeus Spuratha, salah satu anggota yang terlibat di dalam razia juga menyampaikan bahwa ini merupakan hal yang rutin dilakukan. "Razia ini rutin kita lakukan dan sesuai dengan arahan dari Kalapas untuk selalu melakukan deteksi guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan guna meminimalisir gangguan kamtib yang mungkin terjadi," tutupnya. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook