MIN 3 Kapuas Lakukan Pengecekan Validitas Data EMIS

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 17 Februari 2021 10:14, Dibaca 43 kali.


MMCKalteng – Kapuas – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Kapuas melakukan pengecekan data siswa lewat aplikasi Education Management Information System (EMIS). Pengecekan dilakukan sebagai langkah awal dalam mempersiapkan data yang valid sebelum dilakukan pengiriman.

Kepada madrasah H. Saliman menjelaskan, semua data yang menyangkut siswa maupun tenaga pendidik harus sesuai dan valid dalam aplikasi EMIS. Pasalnya, EMIS adalah aplikasi pendataan terpadu, sehingga validitas data menjadi dasar untuk mendapatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

(Baca Juga : Sambangi Kanwil Kemenag, Pemprov Kalteng Sampaikan Terima Kasih)

“Setiap awal tahun ajaran kami selalu cek data yang ada di aplikasi EMIS. Tujuannya selain untuk kelengkapan usulan dana BOS juga mengecek data tenaga pendidik kalau ada perubahan, misalnya perubahan pendidikan,” ucap Saliman, Rabu (17/2/2021) di ruang kerjanya.

Masih menurut Saliman, pengecekan data EMIS diantaranya memastikan kesamaan data siswa harus sesuai dengan kartu keluarga. Madrasah juga mencocokkan data pada akta lahir siswa untuk bahan perbandingan dalam penginputan nama di aplikasi EMIS.

“Ketelitian operator dalam menginput data siswa menjadi perhatian serius hal ini agar di kemudian orang tua siswa tidak ada yang mengajukan keluhan karena terdapat nama yang salah terutama dalam penulisan ijazah,” tambah Saliman.

Sementara itu, operator data EMIS MIN 3 Kapuas Muhammad Iqbal menambahkan, data EMIS besar pengaruhnya terhadap program bantuan seperti Kartu Indonesia Pintar. Verifikasi dan validasi data bantuan pun dilakukan memalui EMIS sebagai portal untuk mendapatkan bantuan siswa. (M. Riandi)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook