Siap Dengan Ciri Khas Baru, Lapas Sukamara Akan Kembangkan Agrowisata

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 19 Januari 2021 17:38, Dibaca 55 kali.


MMCKalteng - Sukamara - Lapas atau yang lebih familiar disebut dengan penjara oleh sebagian masyarakat merupakan tempat yang menakutkan untuk dikunjungi, apalagi sampai masuk ke dalamnya. Meskipun Lapas merupakan Lembaga tempat Pembinaan bagi Narapidana, namun tetap saja bagi sebagian orang Lapas tetaplah penjara yang menyeramkan. Image itulah yang akan diubah oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara ke depannya, Selasa (19/1/2021).

Lapas bukanlah tempat yang menyeramkan. Dengan menargetkan pembuatan Agrowisata yang fokus utamanya pengembangan Pembinaan Kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, Lapas sukamara ingin mengubah persepsi masyarakat tentang sisi lain Lapas.

(Baca Juga : Kegiatan Rutin Kalapas Sampit)

Salah satu yang terus didorong pembangunannya untuk menjadi produk unggulan Lapas Sukamara adalah Lapas Agro. Dengan berhasilnya Lapas Agro ini nantinya diharapkan bisa mengubah pandangan masyarakat terhadap Lapas yang bukan hanya tempat untuk memenjarakan orang, tapi Lapas juga mempunyai sisi positif yang memiliki nilai lain yang bisa diangkat dalam memberdayakan Warga Binaan Pemasyarakatan.


Dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang dimiliki, pengembangan Agrowisata selain untuk program Pembinaan Kemandirian bagi para Warga Binaan, juga dapat menjadi daya tarik khususnya bagi masyarakat Kabupaten Sukamara maupun masyarakat luas sebagai wadah wisata edukasi yang mampu memperluas pengetahuan, pengalaman rekreasi dan hubungan usaha di bidang pertanian. Pengembangan Agrowisata juga nantinya diharapkan mampu memberikan kontribusi baik bagi Lapas Sukamara, Pemerintah Daerah, maupun masyarakat sekitar. Selain daripada itu, pengembangan Agrowisata ini juga diharapkan menjadi langkah awal yang baik di dalam menjaga dan melestarikan kekayaaan alam dan hayati serta jauh ke depannya nanti, Agrowisata ini bisa menjadi salah satu penopang ketahanan pangan di Kabupaten Sukamara.

Dalam kesempatan ini, Kepala Lembaga Pemasyatakatan Kelas III Sukamara Joko Prayitno menyampaikan, akan serius dalam mengembangkan Agrowisata karena ini merupakan program yang sudah disampaikan juga kepada Kakanwil.


"Kita akan serius dalam hal pengembangan Agrowisata ini, kita lihat Lapas Sukamara memiliki lahan yang sangat luas sehingga akan sangat sayang apabila hanya didiamkan. 1000 bibit telah kita siapkan dan akan segera kita lakukan penanaman semuanya. Ini menjadi fokus kita saat ini, karena program ini juga telah saya sampaikan kepada Bapak Kepala Kantor Wilayah Kalimantan Tengah dan Beliau mendukung penuh," tuturnya.

Demi tercapainya target pengembang Agrowisata, Lapas Sukamara telah siapkan mulai dari lahan sampai kepada bibit dan rencana perawatan. Dari bibit yang telah ditanam ditargetkan akan panen raya pada pertengahan tahun mendatang dan diharapkan semuanya dapat berjalan lancar tanpa kendala dan hambatan. (Red-dok, Humas Kalteng, Januari 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook