Penandatanganan Pakta Integritas Bukti Komitmen Kerja

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 11 Januari 2021 08:00, Dibaca 288 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sejumlah Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah melakukan penandatanganan pakta integritas. Penandatanganan itu melibatkan pejabat struktural dan fungsional, seperti Kasubbag Tata Usaha, Kepala KUA kecamatan, dan kepala madrasah negeri.

Di Kantor Kemenag Kabupaten Barito Selatan, penandatanganan dilakukan pada Senin (11/1/2021). Hal itu sebagai wujud komitmen pelaksanaan tugas dan wewenang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

(Baca Juga : Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pertanahan Katingan Kunjungi Lapas Narkotika Kelas IIA Kasongan)

"Mengawali kerja di tahun 2021 kita menandatangani pakta integritas sebagai wujud komitmen bersama dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Pakta itu menyebutkan persetujuan dan kesanggupan mematuhi peraturan yang berlaku," ucap Kepala Kemenag  Barsel H. Tuaini.

Adanya pakta integritas diharapkan bisa mendorong para pejabat menjaga amanah melalui tata kerja yang transparan, objektif dan akuntabel. Selebihnya, Kakankemenag menginginkan para pejabat untuk proaktif dan turut serta melakukan pembangunan zona integritas di lingkungannya dalam rangka pemberantasan korupsi.

"Jadi penandatanganan pakta integritas ini sebagai bahan refleksi bersama untuk berusaha melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebaik mungkin," tegasnya.

Sementara pada Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas, penandatanganan juga melibatkan para pejabat setempat. Menurut Plt. Kepala Kemenag Kapuas H. Asyhadi, sesuai Permenpan RB Nomor 49 Tahun 2011, pakta integritas adalah pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme

Terpisah, Kasubbag Tata Usaha Kantor Kemenag Kapuas H. Hamidhan menjelaskan, penandatanganan pakta integritas mengawali program kerja Kantor Kemenag setempat. Dimulai dengan pejabat, dilanjutkan pegawai, KUA kecamatan dan madrasah. (Wahid/Rima/Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook