Tingkatkan Peran Humas Dalam Membentuk Opini Publik, Lapas Narkotika Kasongan Ikuti Kegiatan Penguatan Kehumasan

Kontribusi dari Lapas Kasongan, 24 Maret 2021 22:49, Dibaca 214 kali.


MMCKalteng - Katingan – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Kasongan, Ahmad Hardi berserta jajaran mengikuti kegiatan Penguatan Kehumasan Secara Virtual dan Satu orang staf Humas Lapas Narkotika Kasongan, Mukti Widyapratama hadir secara langsung di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, Rabu (24/3/2021). Kegiatan Penguatan Kehumasan ini dilaksanakan selama 1 hari dengan mengundang Narasumber dari Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Kemenkumham RI, Heni Susila Wardoyo, Dinas komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah, Arbandigana Patianom, dan Ketua PWI Provinsi Kalimantan Tengah, HM Harris Sadikin. Kegiatan ini diikuti 19 perwakilan peserta dari setiap UPT di Kalimantan Tengah dan secara virtual diikuti oleh Kepala UPT se-Kalimantan Tengah.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah, Ilham Djaya. Kakanwil menyampaikan, “Humas merupakan media untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas, baik informasi terkait program maupun kegiatan organisasi. Selain itu humas juga harus memiliki kemampuan menyampaikan dan mempengaruhi masyarakat luas,” ungkapnya.

(Baca Juga : Gemar Bercocok Tanam, Lapas Sukamara Hidupkan Lahan Kosong)

Heni sebagai narasumber kegiatan penguatan kehumasan manyampaikan, “Perkembangan media massa dan komunikasi menuntut keberadaan Humas untuk membentuk opini publik. Di era demokrasi digital, diperlukan manajemen kehumasan yang profesional. Dengan memanfaatkan perkembangan media digital, humas dapat membuat organisasi menjadi obyek narasi yang positif. Dengan ini diharapkan tercipta opini publik yang positif sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat,” tuturnya.


Harris menegaskan, “Kehumasan harus memanfaatkan dan harus siap untuk memajukan serta meningkatkan peran kehumasan. Masyarakat mempumyai hak untuk mendapatkan informasi yang pasti,” tegasnya.

Arbandigana menambahkan, “Perkembangan teknologi informasi yang kian pesat dan meningkatnya jumlah pengguna internet, media sosial telah bertransformasi sebagai salah satu sumber informasi yang paling akrab dengan masyarakat oleh sebab itu Humas selaku garda terdepan dalam menyebarkan citra positif kementerian, wajib melakukan penyebaran berita dan informasi secara terstruktur, sistematis dan masif,” jelasnya.

Kegiatan Penguatan Kehumasan yang dilaksanakan di Aula atas Kanwil Kemenkumham Kalteng yang dilaksanakan dari pukul 08.00 WIB s.d 12.00 WIB ditutup secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah, Ilham Djaya. “Mari kita satukan visi, terus perkuat sinergi dan kolaborasi untuk kanwil kalteng semakin pasti,” tutupnya. (Humas Lapas Narkotika Kasongan)

Lapas Kasongan

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook