Tingkatkan Kesehatan WBP, Lapas Sukamara Terus Jalin Kerja Sama Dengan Puskesmas Sukamara

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 01 Desember 2020 11:44, Dibaca 199 kali.


MMCKalteng - Sukamara - Dalam pemenuhan hak kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, pelayanan kesehatan rutin terus dilakukan. Di tengah pandemi Covid-19 yang terus meningkat, pemeriksaan kesehatan Warga Binaan merupakan cara mendeteksi dini dan pencegahan awal dalam memutus rantai penyebaran virus di dalam Lapas, Selasa (1/12/2020).

Jalinan kerja sama ini merupakan bentuk sinergitas antara Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara dan Puskesmas Sukamara dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang merata bagi masyarakat, terkhusus Warga Binaan Pemasyarakatan yang merupakan bagian dari masyarakat Kabupaten Sukamara. Pada kegiatan yang berlangsung dr. Angga selaku pimpinan Puskesmas Sukamara melakukan penyuluhan covid-19 dan memberikan himbauan kepada Warga Binaan untuk menjaga kesehatan dan segera melapor ke petugas jika ada gejala-gejala sakit yang timbul.

(Baca Juga : Meriahkan HBP, Lapas Pangkalan Bun Gelar Pertandingan Tenis )

"Kalau ada yang merasa keluhan demam, pilek, dan hilang rasa penciuman. Tolong segera lapor kepada petugas Lapas. Kami akan segera datang membantu penanganan, karena itu merupakan gejala Covid-19," ucapnya.


Dalam kesempatan itu juga petugas kesehatan dari Puskesmas Sukamara membagikan vitamin dan masker bagi Warga Binaan. Adapun tujuannya yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyebaran virus.

"Tolong vitamin dan masker yang kami berikan bisa digunakan, semoga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari terjangkitnya penyebaran virus. Mari sama-sama jaga kesehatan, karena Covid-19 menyerang imun tubuh. Tapi saya percaya kalian di sini pasti aman, namun kita tetap harus waspada dengan rajin mencuci tangan," tuturnya.

Angga juga menambahkan untuk menjaga kebersihan lingkungan maupun kamar hunian WBP, karena tidak hanya Covid-19 yang ditakutkan, tapi demam berdarah akibat nyamuk juga harus dicegah.


"Mohon kebersihan dan kerapian terus ditingkatkan, rajin-rajin menguras bak mandi minimal seminggu sekali, karena nyamuk suka di tempat yang gelap-gelap," pesannya.

Di akhir kegiatan, dr. Angga juga mengucapkan terima kasih kepada Warga Binaan telah berpartisipasi dan juga meminta doa semua terlindungi dan sehat, baik petugas Lapas, WBP maupun petugas kesehatan. (Red-dok, Humas Kalteng, Desember 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook