Tim ZI Lapas Muara Teweh Ikuti Rapat Koordinasi Persiapan Desk Evaluasi Pembangunan ZI Secara Virtual

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 21 Oktober 2020 09:29, Dibaca 45 kali.


MMCKalteng - Barito Utara - Bertempat di ruang kepegawaian, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Teweh Sarwito bersama Tim Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas secara virtual melalui aplikasi zoom, Selasa (20/10/2020). Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 09:00 WIB sampai dengan selesai dan berjalan dengan lancar.

Dalam pengantarnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Bambang Rantam Sariwanto memberikan apresiasi kepada seluruh satuan kerja yang lolos menuju tahap desk evaluasi. "Satuan kerja di Kemenkumham yang masuk tahap desk evaluasi tahun ini jumlahnya spektakuler, yaitu 467 satker. Perjuangan ini belum selesai, masih berlanjut menuju tahap selanjutnya, hingga kita meraih ujung dari semua ini yaitu predikat WBK dan WBBM," tuturnya.

(Baca Juga : Kabag Program dan Humas Kunjungi Rutan Buntok dalam Rangka Penguatan Kehumasan dan Pelaporan)

Agar menjadi perhatian bagi kita semua, pada tahap ini yang diperlukan adalah konsistensi. "Untuk meraih hasil yang maksimal kita dituntut untuk dapat mempertahankan konsistensi kita. Proses membangun keenam area perubahan yang telah dilakukan di masing-masing satuan kerja akan dipertanyakan kekonsistensiannya," tegasnya.


Staf Ahli Menteri Bidang Sosial Min Usihen dalam arahannya menyampaikan, agar setiap kepala satuan kerja mempersiapkan dengan maksimal pada saat evaluasi nanti terutama dalam menyampaikan paparan. "Tingkatkan kembali tentang pemahaman pembangunan zona integritas, apa saja yang sudah dilakukan akan dipertanggungjawabkan dan dipertanyakan kekonsistensiannya. Pastikan setiap sasaran di enam area perubahan itu tercapai dan ceritakan semangat perubahan dalam membangun zona integritas di masing-masing satuan kerja. Tampilkan juga layanan unggulan atau inovasi serta dampak dari inovasi tersebut dalam meningkatkan layanan publik,” tuturnya.

Hal senada disampaikan juga oleh Y. Ambeg Paramarta selaku Staf Ahli Bidang Politik dan Keamanan bahwa Desk Evaluasi ini merupakan satu tahapan lanjutan dari evaluasi sebelumnya. "Karena paparan kali ini dilakukan secara virtual, maka harus menampilkan kesan yang menarik untuk lebih meyakinkan kepada tim TPN," tuturnya.

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Razilu juga menambahkan, agar paparan dibuat menarik, efektif dan efisien, gambarkan secara detail apa yang dilakukan apa yang sudah dicapai. "Kepada kepala satuan kerja agar hindari membaca saat presentasi dan memperbanyak latihan di sisa waktu yang ada," pesannya.


"Ada tiga kunci dalam membangun WBK-WBBM di satuan kerja, pertama membangun manusia yang berintegritas, yang selalu menghindari penyimpangan; kedua membangun manusia yang berkarakter melayani dengan kinerja yang tinggi/terbaik; ketiga membangun sebuah sistem yang menerapkan kedua sistem tersebut, sehingga mampu menghasilkan inovasi bagi layanan publik," tutup Razilu.

Usai kegiatan, Kalapas Muara Teweh, Sarwito, meneruskan arahan yang telah disampaikan saat rapat kepada Tim ZI Lapas Muara Teweh. "Apa yang telah disampaikan sangat jelas, persiapkan segala sesuatunya di sisa waktu yang ada agar pada saat penilaian nanti kita meraih hasil yang maksimal, Lapas Muara Teweh Yakin WBK," tutur Sarwito sembari memotivasi Tim ZI. (Red-dok, Humas Kalteng, Oktober 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook