Madrasah di Barut Mulai Siapkan UM

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 09 Maret 2021 10:59, Dibaca 143 kali.


MMCKalteng – Barito Utara - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Utara (Barut) melalui Seksi Pendidikan Madrasah (Dikmad) mulai mempersiapkan pelaksanaan Ujian Madrasah (UM). Kemenag setempat mengundang seluruh kepala madrasah untuk membahas persiapan itu dalam rapat yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.

Ketika dimintai komentarnya atas persiapan UM, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Almubasir menjelaskan, UM diatur dalam SK Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Nomor 752 Tahun 2021 tentang Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Madrasah.

(Baca Juga : Bapas Sampit Terima 17 WBP Dari Lapas Sampit Untuk Ikuti Program Asimilasi Permenkumham RI No. 32 Tahun 2020)

"Berdasarkan aturan tersebut disebutkan bahwa untuk Ujian Nasional (UN) maupun Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Tahun Pelajaran 2020/2021 ditiadakan dan diganti dengan Ujian Madrasah (UM)," kata Almubasir, Selasa (9/3/2021) di Muara Teweh.

Almubasir menjelaskan, UM wajib diselenggarakan oleh satuan pendidikan jenjang MI, MTs dan MA. Madrasah yang dapat menyelenggarakan UM adalah madrasah yang terakreditasi dari BAN S/M.

Bagi Madrasah yang belum terakreditasi, dapat melaksanakan UM dengan cara bergabung kepada madrasah yang terakreditasi. Sedangkan tempat pelaksanaan ujian dapat berlangsung di masing-masing madrasah atau pada madrasah induk penyelenggara UM.

Kasi Pendidikan Madrasah menyebutkan bagi Madrasah yang masa akreditasinya telah habis dan sedang proses perpanjangan akreditasi, tetap dapat menyelenggarakan UM dibuktikan dengan surat usulan perpanjangan akreditasi. Almubasir menambahkan, bentuk Ujian Madrasah pada jenjang MI, MTs, dan MA dapat berupa ujian tulis, ujian praktek, penugasan atau portofolio dengan memperhatikan kondisi siswa dan kemampuan madrasah untuk menyelenggarakannya, terutama dalam kaitannya dengan dampak pandemi Covid-19.

"Untuk kisi-kisi ujian disusun oleh masing masing guru mata pelajaran dan ditetapkan oleh  madrasah penyelenggara UM berdasarkan standar isi dan standar kompetensi lulusan kurikulum yang berlaku," beber Almubasir.

Sedangkan naskah soal ujian disusun oleh guru/kelompok guru mata pelajaran. Kepala Madrasah harus membuat SK panitia ujian agar para guru dapat bekerja sesuai dengan deskripsi job yang akan dikerjakan.

"Rapat menyepakati bahwa waktu pelaksanaan UM dimulai dari jenjang MA tanggal 22 Maret - 08 April 2021, jenjang MTs tanggal 25 Maret - 10 April 2021, dan jenjang MI tanggal 29 Maret - 10 April 2021. Diharapkan kerja sama kita semua sehingga pelaksanaan ujian madrasah ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar," tutup Almubasir. (Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook