Tim Humas LPKA Palangka Raya Antusias Ikuti Webinar Penguatan Kehumasan

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 20 Juli 2020 16:44, Dibaca 93 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya Perkuat bidang Kehumasan, Tim Hubungan Masyarakat (Humas) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palangka Raya ikuti kegiatan Webinar Pemberdayaan Fungsi Kehumasan Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis Melalui Aplikasi Informasi Kinerja Kementerian Hukum dan HAM RI dengan tema Meningkatkan Reputasi Kehumasan Melalui Konten Media yang diselenggarakan oleh Biro Humas, Hukum dan Kerja sama, Senin (20/7/2020). Kegiatan melalui virtual conference ini bertempat di aula LPKA Palangka Raya yang dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI Bambang Rantam Sariwanto, tampak hadir juga diantaranya Kepala Biro Humas Pagar Butar Butar, Kepala Bagian Program dan Humas Toni Sugiarto, Kepala Subbagian Humas, RB dan TI Yayan Achmad Sufyani, Kepala Subbagian Program dan Pelaporan Erwin Wiryawan, seluruh Kantor Wilayah dan UPT.


Pagar Butar Butar dalam laporannya menyampaikan beberapa tujuan diselenggarakannya kegiatan. “Kegiatan ini bisa menjadi penguatan komitmen kementerian dan lembaga dan media lain untuk mendekatkan diri kepada masyarakat,” tuturnya.

(Baca Juga : Kakanwil Ikuti Teleconference Persiapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Penerimaan Calon Taruna/i POLTEKIP/IM T.A 2020)

Kemudian Bambang Rantam Sariwanto, dalam sambutannya berpesan, "Yang harus kita sadari, kita masih menghadapi pandangan-pandangan positif yang kurang pada masyarakat untuk itu kita harus meningkatkan citra positif tersebut. Baik Pusat maupun Kantor Wilayah dan UPT kita semua sama-sama berperan untuk pembangunan citra positif. Kita yakinkan masyarakat bahwa kita berkinerja dengan baik, satukan langkah kita untuk bekerja dan kinerja dalam kehumasan, inilah saatnya yang tepat, jangan berhenti, jangan hanya saat diserang oleh citra negatif tetapi lakukanlah secara terus menerus, inilah yang menjadi penting. Kita harus betul-betul membangun kepercayaan (trust) pada masyarakat,” pesan beliau yang sekaligus membuka acara.


Adapun narasumber dari kegiatan yaitu Staf Khusus Menteri Fajar B. S. Lase dan Tenaga Ahli Bidang Media Komisi I DPR Muhamad Kardeni. Fajar Lase memaparkan, "Tantangan bagi kita untuk memberikan dukungan pada media mengenai catatan positif Kemenkumham RI. Di era digital ini kitalah yang harus melakukan pemberitaan yang benar dan mengoreksi pemberitaan yang salah. Semua pemberitaan harus berwujud infografis dan videografis, dilihat, didengar dan dirasakan masyarakat. Fungsi kehumasan ada pada Public Relations. Yang kita butuhkan adalah orang-orang yang punya passion untuk kehumaaan, satukan minat, tempatkan orang tepat, The Right man in the Right place," paparnya.

Muhamad Kardeni juga menegaskan, "Kita berharap adanya perubahan cara kerja, fungsi manajemen Kemenkumhm RI. Penanganan harus ekstra hati-hati dan persiapan harus matang. Tingkatkan Reputasi kehumasan melalui konten media. Humas sebagai jembatan komunikasi. Komunikasi adalah fungsi yang penting dalam membina hubungan antara Humas dan Media Masa," tegasnya. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi sampai pada akhir kegiatan. (Red-dok, Humas Kalteng, Juli 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook