Kakanwil Pimpin Panen Jagung Perdana Di Rutan Kelas II A Palangka Raya

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 24 Juli 2018 22:14, Dibaca 624 kali.


MMCKalteng – Pembinaan yang dilakukan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II A Palangka Raya terhadap warga binaannya kembali membuahkan hasil yang cukup menggembirakan. Hal ini karena atas keberhasilan memanfaatkan lahan kosong menjadi sesuatu yang menghasilkan dan mempunyai manfaat baik bagi warga binaan sendiri, petugas maupun bagi masyarakat sekitar Rutan. Karena untuk pertama kalinya dilaksanakan panen jagung perdana yang ditanam oleh para warga Rutan yang sedang menjalani masa Assimilasi.

Pada hari ini Selasa (24/07), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Yoseph beserta Ibu bersama dengan para Pimpinan Tinggi Pratama melaksanakan panen perdana dengan didampingi para pejabat Rutan Palangka Raya.

(Baca Juga : Gelar Coffee Morning, Kakanwil Kumpulkan Pejabat dan Ka. UPT Pemasyarakatan Terkait Revitalisasi)

Pada panen tersebut Kakanwil merasa puas dan bangga karena jagung yang dihasilkan merupakan jagung manis dengan kualitas terbaik dan bisa dikatakan jagung bibit unggul. Karena selain bentuknya sangat besar, susunan antar biji jagung sangatlah rapat sehingga bagi siapa saja yang melihatnya pasti sangat ingin sekali untuk mencicipinya, terang Yoseph Kepala Kantor Wilayah.

Sementara Kepala Divisi Pemasyarakatan Anthonius Mathius Ayorbaba mengatakan ini merupakan hasil pertanian terbaik yang pernah ada di Rutan Kelas II A Palangka Raya.  Sebelumnya hal ini tidak pernah dilakukan, akan tetapi atas kreatifitas Kepala Rutan sekarang Akhmad Zaenal Fikri yang melakukan kerjasama dengan BPTP Provinsi Kalimantan Tengah maka semuanya berubah. Dimana lahan yang sebelumnya gersang disulap menjadi hijau dan membuahkan hasil yang memuaskan.

Sementara Kepala Rutan Palangka Raya Akhmad Zaenal Fikri yang diwakili pejabatnya Erick Jhon Sitohang dan Edi Gunawan  mengatakan bahwa pihaknya merasa bersyukur atas keberhasilan yang mereka lakukan dalam melakukan pembinaan kepada warga yang sedang menjalani program Assimilasi. Menurut mereka hal ini tidak lain atas arahan para Pimpinan, baik dari Kantor Wilayah maupun dari Kepala Rutan sendiri yang intinya adalah mempersiapkan para warga binaan menjelang bebas bisa memiliki keahlian sehingga apabila mereka bebas nanti benar-benar menjadi warga negara yang baik yang memiliki kreatifitas serta kemandirian terutama dalam hal berkebun dan bercocok tanam. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Jul 2018)

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook