Laksanakan Tugas Mulia PK Bapas Litmas Berjuang Jelajahi Pedalaman dan Sungai Kalimantan

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 07 Agustus 2018 17:38, Dibaca 674 kali.


MMCKalteng - Tugas menjadi seorang Pembimbing Kemasyarakatan (PK) pada Balai Pemasyarakatan (Bapas) merupakan salah satu yang sangat mulia karena selain melaksanakan fungsi utama dari Bapas sendiri  selain itu sebagai bakti kepada negeri juga sebagai pengabdian kepada masyarakat terutama bagi mereka klien Pemasyarakatan dan pihak keluarganya.

Kali ini Humas Kantor Wilayah akan mengangkat tugas seorang Pembimbing Kemasyarakatan (PK) pada Bapas Kelas II Palangka Raya yang sedang melaksanakan tugas Penelitian Masyarakat (LITMAS) kepada keluarga seorang warga Klien Pemasyarakatan yang beralamatkan di Desa Tumbang Nusa Kota Palangka Raya (7/8).

(Baca Juga : Humas Kanwil Kemenkumham Kalteng Terbaik Se-Indonesia)

Dalam perjalanan Litmas untuk menuju lokasi seorang petugas PK Bapas harus menempuh jalur darat memasuki perkampungan penduduk dengan kondisi badan jalan yang masih tanah, kadang masih becek karena baru diterpa oleh hujan deras yang melanda Kota Palangka Raya. dimana jarak dari Kantor Bapas ke Muara Masuk Desa Tumbang Nusa kurang lebih berjarak 100 KM (Jalan Aspal).  Selanjutnya dari muara sampai perkampungan penduduk tersebut kurang lebih sekitar 5 KM ditempuh dengan jalan tanah yang rusak. Setelah sampai diperkampungan, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan Kelotok (transportasi air) dengan melintasi sungai kahayan, hingga masuk ke anak-anak sungai dan kurang lebih sekitar 2 jam barulah tiba di perkampungan dimana tempat keluarga Klien Pemasyarakatan yang dituju. 

Setibanya di rumah keluarga klien, Petugas langsung melakukan penelitian-penelitian melalui proses wawancara langsung, hal ini dilakukan dalam rangka pengawasan serta pengamatan terhadap keluarga sebagai penjamin dari warga klien Pemasyarakatan apabila mau melaksanakan Cuti Bersyarat, Pembebasan Bersyarat (PB) ataupun Assimilasi. 

Selanjutnya setelah bertemu dengan pihak keluarga klien, tugas seorang PK Bapas tidak sampai disini saja, akan tetapi juga harus bertemu langsung kepada ketua RT/Tokoh masyarakat setempat dalam rangka meminta pendapat serta saran agar nantinya dalam mengambil sebuah keputusan ada dasar dan penerimaan dari masyarakat setempat. 

Dari perjalanan seorang PK Bapas dapat kita simpulkan bahwa walaupun tugas berat yang diemban semuanya dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran. Perjuangan yang telah dilakukan dengan melintasi jalur darat dan juga air seakan-akan terbayarkan apabila sudah mendapatkan sesuatu dari tujuan yang kita tuju (keluarga Klien dan Tokoh Masyarakat).   

Saat ini, Tugas dan Fungsi Bapas Palangka Raya meliputi 5 kabupaten/Kota yang tentulah menempuh jarak yang sangat jauh. Seperti kita ketahui bersama bahwa luas Provinsi Kalimantan Tengah adalah 1,5 kali luas dari pulau Jawa. Sehingga dalam melaksanakan tugas LITMAS para petugas dituntut untuk fit 100% karena selain tenaga juga biaya yang tidak sedikit. Kadang berdasarkan keterangan para petugas PK sendiri untuk melaksanakan tugas tersebut mereka harus merogok dari kocek sendiri karena anggaran yang disediakan per/perjalanan Litmas hanya Rp. 150.000 saja. Akan tetapi dengan semangat yang gigih dan dengan semangat ibadah semua dapat dilaksanakan dengan baik dan tuntas. 

Kepala Bapas Kelas II Palangka Raya Herry Muhammad Ramdan dalam keterangannya mengatakan bahwa inilah yang saat ini menjadi fenomena yang sebenarnya dari Bapas Palangka Raya dan 2 Bapas lainnya seperti Bapas Muara Teweh dan Bapas Pangkalan Bun. Bahwa dalam melaksanakan tugas LITMAS,  petugas dituntut harus memiliki fisik dan jiwa yang kuat serta tahan uji menghadapi medan berat yang harus dilalui. Belum lagi operasional kendaraan masih sebagian besar menggunakan milik pribadi ditambah biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. 

Dari anggaran disediakan hanya Rp. 150.000,- /perjalanan sehingga tidak jarang petugas dalam melaksanakan tugas LITMAS merogok kocek sendiri agar bisa sampai ditujuan. Harapannya kedepan proses penganggaran perjalanan LITMAS mohon kiranya disesuaikan berdasarkan jarak serta medan yang dilalui. Pada Kesempatan ini Herry juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Pimpinan yang sudah memperhatikan para petugas LITMAS yakni dengan adanya pengangkatan Jabatan JFT PK untuk Bapas sehingga paling tidak akan membantu semangat bagi para petugas dalam menjalankan fungsi Bapas.

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng Yoseph, mengapresiasi yang luar biasa untuk para PK Bapas Palangka Raya dan PK Bapas lainnya. Menurutnya ini adalah tugas Mulia yang merupakan bukti nyata pengabdian kita kepada negeri dan masyarakat dan menjadi ladang amal bagi kita. Dengan semangat yang tulus dan ikhlas maka seberat apapun tugas yang kita lakukan pasti akan mudah kita lalui dan laksanakan. Ingat,  semangat juang kalian akan menjadi motivasi kita untuk memperjuangkan apa yang menjadi hak kita. Oleh karena itu dirinya menghimbau kepada seluruh petugas PK agar tetap semangat dalam bekerja. Jadilah sebagai generasi pembaharu dalam organisasi, ucap Yoseph kakanwil Kemenkumham Kalteng.  (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Agust 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook