MKJP Dorong Masyarakat Riam Durian Ikut KB

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 12 Juli 2018 22:27, Dibaca 500 kali.


MMC Kalteng - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar pelayanan Keluarga Berencana (KB) di Dusun Makarti Jaya Desa Riam Durian Kecamatan Kotawaringin Lama pada hari Rabu (4/7). Dimana sebelumnya telah dilakukan kegiatan komunikasi informasi dan edukasi (KIE), penyuluhan serta motivasi tentang penggunaan alat kontrasepsi kepada masyarakat.

Kegiatan ini merupakan pelayanan gratis bagi masyarakat, diantaranya pelayanan pemberian kondom, suntik KB 3 bulan, implant 3 tahun dan Kontrasepsi Intrauterine Device (IUD). Dimana pelaksanaanya turut dibantu oleh ibu-ibu kader dan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Kecamatan Kotawaringin Lama.

(Baca Juga : Wilayah Palangka Raya Memiliki Tiga Khas Perwajahan)

Layanan KB gratis dari DP3AP2KB Kobar dimaksudkan untuk mendorong peningkatan dalam penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) hormonal dan non hormonal, meningkatkan jumlah pasangan usia subur dalam pemakaian kontrasepsi dan menekan angka drop out dalam ber KB serta pelayanan peserta KB baik yang baru, ganti cara maupun ulangan.

Dalam pelaksanaan, peserta KB lebih banyak menggunakan pelayanan kontrasepsi MKJP jenis implant, dikarenakan kemudahan dalam pemasangan  dengan jangka waktu yang cukup lama, yaitu 3 tahun. Sebagian lagi memilih kontrasepsi IUD jenis copper T dengan masa penggunaan selama 8 tahun. (Humas Diskominfo Kobar/ROE/DP3AP2KB)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook