Tingkatkan Kerjasama dalam hal Publikasi dan Keuangan, Kakanwil Silaturahmi ke Kalteng Pos, Kanwil DJPBN dan TVRI Kalteng

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 24 April 2018 09:00, Dibaca 894 kali.


Palangka Raya_”tetaplah jalin koordinasi dengan unsur Forkopimda, media publik dan instansi terkait yang ada di daerah” Pesan Menteri Hukum dan HAM kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, Yoseph yang dibacakan oleh  Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga, Agus Hariadi pada acara serah terima jabatan Kepala Kantor Wilayah di Aula Jayang Tingang beberapa waktu lalu.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, Yoseph terus melakukan koordinasi dan silaturahmi dengan unsur yang ada di daerah. Setelah sebelumnya bersilaturahmi dengan BPKP dan Walikota Palangka Raya, Yoseph melanjutkan silaturahminya ke tiga tempat sekaligus yaitu Kalteng Pos, Kanwil DJPBN Kalteng dan TVRI Kalteng . Selasa (24/4). yang didampingi Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor, Kepala Bidang Hukum, Sopianur, Kepala Sub Bagian Penyusunan Pelaporan, Humas dan TI, Liyana, Kepala Sub Bidang Registrasi, Informasi dan Komunikasi, Hamberi dan Kepala Sub Bidang Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian, Syahferi.

(Baca Juga : Sebelum Libur Bersama, Lapas Sukamara Laksanakan Kerjabakti Pembersihan Sisa Sisa Proyek Pembangunan)

Setibanya di Kalteng Pos, Rombongan sambut hangat oleh Direktur PT. Kalteng Pos, Wahyudie F. Dirun, beserta Pimpinan Redaksi, Albert serta Manajer Iklan, Sudiyono. Mengawali pertemuan, Wahyudie F. Dirun mengucapkan terima kasih kepada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah atas kerjasama yang baik selama 2 tahun ini. Perlu diketahui bahwa bentuk kerjasama pada tahun pertama antara Kantor Wilayah dan PT. Kalteng Pos adalah “Rubrik Anda Bertanya Kami Menjawab” . Kerjasama tersebut kembali dilanjutkan pada tahun ini yaitu kerjasama Penyebarluasan Informasi dalam bentuk Kontrak Kerjasama.

Senada dengan itu, Kepala Kantor Wilayah, Yoseph menghimbau untuk setiap informasi yang didapatkan agar secara transparan diberitakan tanpa ada yang ditutupi. Prinsip Transparan itu menurut Yoseph sesuai dengan Tata Nilai Kami PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif), akan tetapi menurut Yoseph setiap berita yang didapatkan perlu dikonfirmasi tentang kebenaran dan tindak lanjutnya agar tidak terjadi kesalahan dalam penyampaian informasi seperti berita HOAX yang belum bisa dipastikan kebenarannya dan justru menyesatkan masyarakat.

Kanwil DJPBN Kalimantan Tengah menjadi tempat berikutnya yang disambangi Kakanwil beserta rombongan. Setibanya di Kanwil DJPBN, Kakanwil diterima dengan baik oleh Kepala Kantor Wilayah DJPBN Kalimantan Tengah, Ratih Hapsari Kusumawardani. “Kementerian Keuangan pada saat ini sudah mulai menerapkan Kartu Kredit untuk setiap pembayaran biaya perjalanan dinas pada tingkat eselon III” ungkap Ratih. Ratih menambahkan bahwa kebijakan tersebut adalah untuk mengurangi peredaran uang dan agar Uang Persediaan (UP) tidak menumpuk lama di Bendahara Pengeluaran sehingga kas negara bisa dimanfaatkan dan dikelola untuk program prioritas. Selain itu, untuk kedepannya Pemerintah berencana agar seluruh Bendahara Pengeluaran wajib memilik sertifikasi dengan Jabatan Fungsional Tertentu.
Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor mengatakan bahwa kendala utama dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan adalah keterbatasan SDM dan aturan serta kebijakan yang selalu berubah. Hajrianor berharap agar pengelola keuangan dapat memahami aturan dan tetap melakukan konsultasi dengan DJPBN dan KPPN setempat.
TVRI Kalimantan Tengah menjadi agenda penutup dalam rangkaian silaturahmi Yoseph pada hari ini. Yoseph sendiri mengatakan bahwa tujuan utama Silaturahmi ke TVRI Kalimantan Tengah ini adalah selain untuk memperkenalkan diri, juga untuk meningkatkan hubungan kerjasama antara Kantor Wilayah dan TVRI Kalimantan Tengah.
Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor menambahkan bahwa TVRI Kalimantan Tengah merupakan salah satu media elektronik yang tepat dalam penyebarluasan informasi. Hajrianor mencontohkan kegiatan di Kantor Wilayah yang perlu disosialisasikan adalah Sosialisasi HAM, Sosialisasi Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan, Desa Sadar Hukum hingga tugas pokok dan fungsi Keimigrasian yang perlu untuk dipublikasikan.
Sedangkan Kepala Stasiun TVRI Kalimantan Tengah, Aji H. Erawan didampingi hampir seluruh jajarannya yang hadir antara lain Kasi Berita, Yulius, Kasi Teknik, Yuniarto, Kasi Transmisi Pemancar, Joko, Kasubsi Pengembangan Usaha, Bambang. Aji mengatakan akan membuka secara luas kesempatan kepada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah untuk melakukan kerjasama. Kerjasama dalam hal ini adalah program-program dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM untuk disinergikan dengan program siaran yang ada di TVRI Kalimantan Tengah, sehingga masyarakat luas bisa mengetahui keberadaan, eksistensi dan keberhasilan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah seperti Kerajinan dan Kesenian dari Warga Binaan, Dialog Interaktif Hukum dan Program Unggulan lain.
Menanggapi hal tersebut, Yoseph selaku pucuk pimpinan tertinggi di Kantor Wilayah melalui pelaksanaan tugas Divisi Administrasi akan menelusuri komponen-komponen kegiatan yang ada dalam RKA-K/L Tahun Anggaran 2018. Jika memang diperlukan, Yoseph menekankan akan melakukan penyesuaian/perubahan anggaran (revisi) yang difokuskan untuk kegiatan publikasi dan sosialisasi. Selain itu menurutnya hal tersebut dilakukan agar penyerapan anggaran di Kantor Wilayah tidak hanya maksimal, akan tetapi bisa optimal, bermanfaat dan berdaya guna dalam rangka peningkatan kinerja Kantor Wilayah.
Diakhir silaturahminya di TVRI Kalimantan Tengah, Yoseph beserta rombongan diajak berkeliling oleh Aji untuk melihat fasilitas yang ada di TVRI Kalimantan Tengah, antara lain ruang server, ruang editing, studio berita dan studio dialog interaktif. (Humas Kalteng)

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook