Lapas Palangka Raya Buka Layanan Zakat Fitrah Selama Bulan Ramadhan

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 16 Mei 2020 17:25, Dibaca 213 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya kembali membuka layanan pembayaran zakat fitrah melalui panitia amil zakat di Masjid Al-Istighfar Lapas Palangka Raya, Sabtu (16/5/2020).

Zakat fitrah adalah zakat wajib yang harus dikeluarkan sekali setahun yaitu saat bulan Ramadhan menjelang idul fitri yang pada prinsipnya harus dikeluarkan sebelum sholat Idul Fitri dilangsungkan.

(Baca Juga : Rutan Tamiang Layang Beri Penyuluhan Hukum Warga Binaannya Melalui Lukisan Karikatur Dan Tulisan Dinding Tembok )

Zakat fitrah hukumnya wajib ditunaikan bagi setiap muslim yang mampu. Besar zakat fitrah yang harus dikeluarkan sebesar satu sha’ yang nilainya sama dengan 2,5 kilogram beras, gandum, kurma, sagu, dan sebagainya atau 3,5 liter beras yang disesuaikan dengan konsumsi perorangan sehari-hari.

Di Lapas Palangka Raya, pegawai maupun Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ingin membayar zakat fitrah kepada panitia amil zakat maka sudah bisa dilakukan mulai tanggal 12 Mei 2020 sampai akhir bulan Ramadhan.

Dalam pandemi Covid-19 ini, petugas panitia amil zakat Lapas Palangka Raya tetap menerapkan protokol kesehatan pada saat proses pembayaran zakat tatap muka dan pada saat pembacaan akad dengan tidak bersalaman.

Kasi Binadik Lapas Palangka Raya, Irvan Muayat, menjelaskan bahwa untuk zakat fitrah yang diterima saat ini adalah berupa uang dan beras.

"Kita persilahkan bagi para pegawai dan WBP Lapas Palangka Raya yang ingin membayar zakat fitrah di sini, dapat berupa beras ataupun uang. Semoga semua yang kita lakukan ini mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT," ungkap Irvan. (Red-dok, Humas Kalteng, Mei 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook