Pendaftaran Ulang Peserta Didik Baru SMA Negeri 1 Palangka Raya Tahun Ajaran 2020/2021 Terapkan Protokol Kesehatan

Kontribusi dari Rikah Mustika, 16 Juni 2020 15:48, Dibaca 269 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Di tengah pandemi Covid-19, segala aktivitas yang melibatkan masyarakat haruslah melalui protokol kesehatan  dengan perancangan yang matang dan dilaksanakan dengan konsekuen oleh semua pihak yang terlibat pada kegiatan tersebut. Demikian juga dengan kegiatan di sekolah,  khususnya pada kegiatan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021. Penerapan protokol kesehatan wajib dilakukan oleh semua pihak agar semua bisa terhindar dari penyebaran virus Covid-19.  

SMA Negeri 1 Palangka Raya akan menerapkan protokol kesehatan. Protokol kesehatan ini diterapkan selama proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini dilakukan sejak pendaftaran calon peserta didik baru, pendaftaran ulang, penjurusan/peminatan dan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).  Ketika melaksanakan kegiatan pendaftaran ulang pada tanggal 12-17 Juni 2020 bagi peserta didik baru yang dinyatakan lulus  seleksi, protokol kesehatan diterapkan secara ketat kepada setiap orang tua/wali siswa dan calon peserta didik baru yang masuk ke lingkungan sekolah.  Hal ini disampaikan oleh Kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin, di ruang kerjanya.

(Baca Juga : ASN Diskominfo Kalteng Ikut Uji Kompetensi Pranata Humas di Bogor)

“Pihak SMA Negeri 1 Palangka Raya menerapkan protokol kesehatan ketika proses pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021.  Kita menyiapkan berbagai sarana dan prasarana yang berkaitan dengan protokol kesehatan pada kegiatan pendaftaran ulang bagi peserta didik baru yang dinyatakan lulus seleksi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021. Protokol kesehatan ini diterapkan secara ketat kepada seluruh panitia PPDB sekolah dan setiap orang tua/wali siswa serta calon peserta didik baru yang masuk ke lingkungan sekolah,” katanya, Senin (15/6/2020).

Kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya ini juga menyampaikan bahwa protokol kesehatan itu diterapkan mulai dari pintu masuk gerbang utama SMA Negeri 1 Palangka Raya. Selanjutnya akan diterapkan juga pada jalan masuk ke loket pendaftaran, loket pendaftaran, serta jalan ke luar dari loket pendaftaran. Semua lokasi kegiatan sudah dirancang sedemikian rupa agar memenuhi protokol kesehatan. Pada loket pendaftaran sudah dipasang tirai plastik transparan dan setiap tamu harus menjaga jarak.


Pada pelaksanaannya seluruh panitia PPDB wajib menggunakan masker dan sarung tangan. Begitu juga untuk setiap tamu yang datang wajib menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk lingkungan sekolah. Selanjutnya petugas sekolah akan mengukur suhu tubuh tamu tersebut. Tamu yang masuk dan keluar dari loket pendaftaran harus melalui alur jalan yang sudah ditetapkan panitia.

“Kami dari pihak panitia PPDB sekolah wajib melaksanakan protokol kesehatan agar semua panitia dan para tamu aman dari virus corona,” imbuhnya.


Di tempat terpisah, orang tua siswa, H. Sunarto menyampaikan bahwa beliau merasa senang ketika anaknya dinyatakan lulus ketika mengikuti seleksi secara daring PPDB di SMA Negeri 1 Palangka Raya. Mulai dari proses seleksi dan pendaftaran ulang terlayani dengan baik oleh pihak panitia sekolah. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah memenuhi dan mematuhi protokol kesehatan sehingga ketika beliau dan anaknya datang ke sekolah tidak terlalu merasa was-was tertular virus corona.

“Saya merasa senang anak saya diterima di SMA Negeri 1 Palangka Raya melalui jalur zonasi.  Begitu juga ketika pendaftaran ulang. Pelayanan pihak sekolah sangat baik. Pihak sekolah juga telah mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dan ini baik untuk kita semua. Semoga kegiatan PPDB SMA Negeri 1 Palangka Raya terlaksana dengan baik, aman dan lancar,” katanya, Senin (15/6/2020).

Kegiatan daftar ulang siswa baru di SMA Negeri 1 Palangka Raya yang telah berlangsung selama 2 hari yakni pada tanggal 13 dan 15 Juni 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan terlaksana dengan baik.  Harapan kita semua semoga proses PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021 bisa berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Proses pendidikan harus didukung oleh semua pihak karena masyarakat yang cerdas dan berkarakterlah yang akan menjadikan negara Indonesia yang kita cintai ini bisa sejajar dengan negara-negara maju lainnya. (Anw)

 

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook