Penilaian Akhir Semester 2 SMA Negeri 1 Palangka Raya Dilaksanakan Dengan Moda Daring

Kontribusi dari Rikah Mustika, 11 Juni 2020 19:14, Dibaca 334 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dampak penyebaran pandemi covid-19 sangat berimbas pada sektor pendidikan di Indonesia. Dampak tersebut juga sangat terasa pada kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) di SMA Negeri 1 Palangka Raya. Kegiatan PBM hanya bisa dilaksanakan secara moda daring. Kegiatan moda daring ini pun akan dilaksanakan ketika Penilaian Akhir Semester 2 (PAS 2) Tahun Ajaran 2019/2020. Untuk kegiatan PAS 2 dengan moda daring di SMA Negeri 1 Palangka Raya sudah mulai dilaksanakan sejak tanggal 10 Juni 2020 dan akan berakhir pada tanggal 18 Juni 2020.

Pihak sekolah sangat bersyukur karena selama 2 hari pelaksanaan PAS 2 dapat terlaksana dengan baik, tertib dan lancar. Mudah-mudahan sampai berakhir kegiatan PAS 2 ini tidak ada hambatan yang berarti, sehingga pengumuman kenaikan kelas peserta didik kelas X dan XI dapat diumumkan tepat waktu. Hal itu disampaikan oleh Kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin, di ruang kerjanya, Kamis (11/6/2020).

(Baca Juga : Lomba Kompetisi Edukatif Generasi Millenial dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional 2018 di Korem 102/Pjg)

“SMA Negeri 1 Palangka Raya  melaksanakan Kegiatan Penilaian Akhir Semester 2 (PAS 2) dengan Moda Daring mulai tanggal 10 sampai dengan 18 Juni 2020.  Alhamdulillah, kegiatan Penilaian Akhir Semester 2 (PAS 2) Tahun Ajaran 2019/2020 dengan moda daring ini sejak hari pertama dan kedua di SMA Negeri 1 Palangka Raya dapat dilaksanakan dengan baik, tertib dan lancar. Moda Daring ini digunakan adalah dampak dari pandemi covid-19 yang tidak memungkinkan kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) dan PAS dilakukan secara tatap muka. Kita berharap  semoga kegiatan PAS 2 ini bisa dilaksanakan dengan baik sesuai jadwal yang sudah ditetapkan,” kata beliau.

Kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya ini juga menyampaikan bahwa PAS 2 Tahun Ajaran 2019/2020 diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X dan XI dengan jumlah 833 siswa. Pihak sekolah juga telah memberikan bantuan kuota internet dari XL secara gratis kepada peserta didik dan seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan SMA Negeri 1 Palangka Raya. Semua ini bertujuan agar kegiatan PAS 2 ini dapat terlaksana dengan baik.

“Kegiatan PAS 2 diikuti para peserta didik kelas X dan XI yang berjumlah 833 siswa. Sebagai salah satu bentuk kepedulian sekolah kepada peserta didik dan demi kelancaran kegiatan PAS 2, pihak sekolah juga memberikan kuota internet XL secara gratis kepada seluruh peserta didik, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 1 Palangka Raya. Dengan harapan kegiatan PAS ini dapat terlaksana dengan lancar. Jadi peserta didik tidak ada alasan tidak bisa mengikuti PAS karena tidak memiliki kuota dan orang tua/para wali siswa sangat berterimakasih karena bantuan tersebut,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMA Negeri 1 Palangka Raya, Drs. Edral Gandi, M. M., menjelaskan bagaimana persiapan pihak panitia sekolah dalam pelaksanaan PAS 2 dengan moda daring ini. Beliau menyampaikan bahwa pihak sekolah sudah menjalin kerja sama dengan operator Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah dalam menyiapkan server pada kegiatan PAS 2. Jadi untuk permasalahan sarana dan prasarana kegiatan PAS 2 moda daring sudah siap dan tidak ada masalah.


“Kita sudah menjalin kerja sama dengan pihak operator Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah untuk PAS 2 ini. Pihak operator Dinas Pendidikan Provinsi siap membantu menyiapkan server. Dengan kerja sama ini sangat kecil kemungkinan akan terkendala PAS 2 moda daring ini secara teknis, mengingat kapasitas server mereka sangat bagus,” katanya.

Beliau juga menyampaikan bahwa PAS dengan moda daring ini bukan lah hal baru untuk para guru dan para siswa SMA Negeri 1 Palangka Raya, karena sejak Tahun Ajaran 2018/2019 pihak sekolah sudah melaksanakan PAS berbasis android. Secara teknis pelaksanaan kemungkinan sangat kecil akan mengalami kendala. Kendala kemungkinan hanya pada beberapa siswa yang tempat tinggalnya kurang lancar jaringan internetnya.  Hal ini terbukti 99 % siswa mengikuti PAS 2 ini. Untuk para siswa yang tidak bisa mengikuti PAS moda daring, pihak sekolah melalui wali kelas akan memberikan tugas-tugas agar pengumuman kenaikan kelas bisa tepat waktu.

Operator SMA Negeri 1 Palangka Raya, Budi Santoso, S. Pd. juga menyampaikan bahwa proktor sekolah sudah diberikan pembekalan secara internal dalam menghadapi PAS 2 moda daring ini. Beliau sudah mempersiapkan 4 orang proktor yang handal agar kegiatan PAS 2 ini bisa terlaksana dengan baik.


“Kita sudah persiapkan 4 orang proktor handal kita untuk membantu kegiatan PAS 2 ini. Dengan persiapan yang matang, mudah-mudahan kegiatan PAS 2 moda daring ini bisa kita laksanakan sesuai harapan kita semua,” katanya dengan sedikit senyum.

Memang sangat berat bagi kita semua menghadapi pandemi covid-19. Segala aktivitas harus memenuhi protokol kesehatan. Kita harus tetap optimis, badai pasti berlalu asal kita mau berusaha dan berdoa. (Anw)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook