Kakanwil Saksikan Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM di Lapas Pangkalan Bun

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 11 Februari 2020 09:19, Dibaca 558 kali.


MMCKalteng - Pangkalan Bun – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Ilham Djaya berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pangkalan Bun guna menyaksikan deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang dilakukan oleh Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun, Bapas Kelas II Pangkalan Bun dan Lapas Kelas III Sukamara, Selasa (11/2/2020).

Kegiatan dihadiri oleh Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmad Riansyah, Ketua DPRD Kotawaringin Barat, Unsur Forkopimda, dan dari instansi terkait yaitu Pengadilan Negeri Kobar, Kejaksaan Negeri Kobar, Polres Kobar, Dandim 1014/PBN, Kemenag Kobar, Dinkes Kobar, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi dan Camat Arut Selatan Kotawaringin Barat. Sementara dari Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah Kakanwil didampingi oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Cahyani Suryandari, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Budi Haryono dan Kabag Program dan Humas Diana Soekowati.

(Baca Juga : Sebanyak 389 Peserta CAT Tingkat Sarjana/DIII Siap Bersaing Perebutkan 14 Posisi di Kanwil Kemenkumham)

Kegiatan diawali dengan pembacaan deklarasi janji kinerja tahun 2020 yang dibacakan oleh Kepala Lapas Pangkalan Bun Kusnan dan diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kinerja, Fakta Integritas dan Komitmen Bersama Pencanangan WBK/WBBM Tahun 2020 yang dilakukan oleh Kepala Lapas Pangkalan Bun beserta jajarannya, Kepala Bapas Pangkalan Bun Rahmad Arfandi beserta jajaran dan Kepala Lapas Sukamara Asmuri beserta jajaran dengan disaksikan oleh Kepala Kantor Wilayah, Wabup Kobar, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri dan Kapolres.

Dalam kesempatan ini Wabup Kobar juga memberikan sambutannya, “Sebelumnya saya atas nama pemerintah kab. Kotawaringin Barat menyampaikan ucapan selamat kepada Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun, Bapas Kelas II Pangkalan Bun dan Lapas Kelas III Sukamara yang telah melakukan deklarasi janji kinerja dan pencanangan WBK/WBBM. Kita semua berharap dengan pencanangan ini dapat memotivasi seluruh jajaran Lembaga Pemasyarakatan untuk bekerja secara profesional dan memuaskan masyarakat,” harapnya.

Wabup Kobar juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng atas dorongan, kerja keras dan supportnya, karena beberapa waktu lalu Ibu Bupati mendapatkan penghargaan sebagai Kepala Daerah yang mampu mendorong percepatan Unit Kerja Kantor Keimigrasian di Kab. Kobar.

“Mudah-mudahan kerjasama kita ke depan semakin baik” tutupnya.

Kemudian sambutan dilanjutkan oleh Kepala Kantor Wilayah, “Janji Kinerja adalah bagian dari pondasi yang menjadi dasar dalam bekerja dan berkinerja secara Profesional, Akubtabel, Sinergis, Transparan dan Inovatif (PASTI). Kita juga telah menetapkan target kinerja yang merupakan buah pikir dari seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM yang harus kita laksanakan sebaik-baiknya,” ucap Kakanwil. 

Deklarasi Janji Kinerja merupakan suatu komitmen yang wajib dilaksanakan oleh seluruh Pegawai di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di Indonesia yang dituangkan dalam Keputusan Menteri Hukum dan HAM R.I Nomor: M.HH-04.PR.01.03 Tahun 2019 pada Tanggal 26 Desember 2019.

Ia juga menyampaikan kegiatan ini merupakan realisasi dari Janji Kinerja yang telah dilaksanakan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI dan Kakanwil telah menandatangani Janji Kinerja dengan Bapak Menteri dan Kakanwil dengan para Kepala Divisi serta Kepala Unit Pelaksana Teknis.

“Janji kinerja adalah implementasi dari fokus Menteri dan Presiden RI, kami terjemahkan ke dalam deklarasi janji kinerja yang salah satunya peningkatan sumber daya manusia, bagaimana di Kemenkumham juga mendorong peningkatan SDM dengan Kemenkumham Corporate University. Maka dengan demikian seluruh pegawai Kemenkumham melaksanakan Janji Kinerja,” ujar Kakanwil.

Lebih lanjut Kakanwil menyampaikan Kantor Wilayah Kemenkumham harus bisa mendorong apa yang menjadi tugas dan fungsi Kemenkumham harus didapat di Kab. Kotawaringin Barat.

“Target kita tahun ini Kab. Kotawaringin Barat mendapatkan predikat Kota Peduli HAM,” ujar Kakanwil.

Di akhir sambutan Kakanwil menyampaikan terima kasih kepada Wabup dan Instansi terkait yang telah hadir dalam deklarasi Janji Kinerja, dan harapannya kepada Lapas Pangkalan Bun, Bapas Pangkalan Bun dan Lapas Sukamara menjadi Lapas/Bapas yang meraih predikat WBK. (reddok, humas kalteng, feb’2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook