Pantau Aplikasi LAPOR, Tim Humas Setjen Kunjungi Tim Humas Kanwil Kemenkumham Kalteng

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 23 Januari 2020 15:28, Dibaca 291 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Staf Biro Humas, Hukum dan Kerjasama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Soni Hartanto mengunjungi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah. Kunjungan ini guna mengevaluasi kinerja dari aplikasi pengaduan LAPOR yang selama ini sudah berjalan, bertempat di Ruang Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat, Reformasi Birokrasi Dan Teknologi Informasi Vasco Fernando, Kamis (23/01/2020).

Soni menjelaskan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat disingkat LAPOR ini untuk mendorong keterbukaan Pemerintah dan memudahkan masyarakat untuk langsung mengajukan pengaduan kepada Pemerintah. Aplikasi LAPOR ini juga merupakan media sosial pertama di Indonesia yang melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah, sehingga dalam aplikasi ini masyarakat dapat berinteraksi dengan pemerintah secara interaktif dengan prinsip mudah dan terpadu untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik. Aplikasi LAPOR juga dilengkapi dengan berbagai fitur guna mendorong ketuntasan setiap laporannya.

(Baca Juga : Sambut Ramadhan Rutan Palangka Raya Gelar Tabligh Akbar)

Selanjutnya ia juga menjelaskan bahwa Aplikasi LAPOR merupakan sarana yang digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan monitoring dan verifikasi capaian program pembangunan, maupun pengaduan masyarakat terkait pelaksanaan program pembangunan nasional.

"Aplikasi ini adalah sebuah inisiatif dari Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) yang sekarang diambil oleh Kepala Staf Kepresidenan (SKP) agar masyarakat dapat melakukan pengaduan kapan saja dan dimana saja, terutama menjadi portal pengaduan nasional terpadu yang tentu saja dapat memangkas rantai birokrasi," pangkas Soni kepada Vasco beserta stafnya.

Sementera itu, Vasco menyampaikan bahwa pengelolaan pengaduan menjadi hal yang harus menjadi perhatian kita semua, karena biasanya masyarakat tidak tahu harus melapor kemana, sehingga memunculkan rasa apatis dan pragmatis oleh masyarakat karena dianggap laporan tidak sampai dan tidak ditindaklanjuti serta tidak akuntabel.

"Kami akan jalankan sesuai apa yang diarahkan dan apa yang sudah berjalan selama ini akan terus kami tingkatkan lagi. Kami akan sosialisasikan kepada seluruh Satuan Kerja (Satker) atau Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang ada di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah, sehingga Satuan Kerja (Satker) atau Unit Pelaksana Teknis (UPT) mensosialisasikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan dan keluarganya, sehingga tidak ada lagi kalimat `Takut melapor dan sulitnya akses untuk melapor`. Mari kita saling mengawasi,” tegas Vasco. (Reddok, Humas-Kalteng, Jan’2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook