Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Kementan Hadiri Apresiasi Pengawas Benih Tanaman Tk.Nasional Tahun 2019 di Palangka Raya

Kontribusi dari TPHP Prov Kalteng, 17 Juli 2019 22:07, Dibaca 1,281 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dalam rangka peningkatan kapasitas kompetensi fungsional Pengawas Benih Tanaman (PBT) se- Indonesia, Direktorat Perbenihan Tanaman Pangan, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan pertemuan Apresiasi Pengawas Benih Tanaman Tingkat Nasional Tahun 2019 sejak tanggal 16 hingga 19 Juli 2019 mendatang di Aquarius Boutiqe Hotel Palangka Raya. Forum pertemuan tingkat nasional ini diikuti oleh 100 orang Pengawas Benih Tanaman yang berasal dari 33 provinsi, kecuali provinsi Papua. Acara pembukaan pertemuan yang dilaksanakan pukul 19.00 WIB  ( 16/7/2019) dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah, Ir. Hj. Sunarti, MM dihadiri oleh Direktur Perbenihan Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, Dr. Ir. M.Takdir Mulyadi, MM. Turut hadir pula Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Kalimantan Tengah, Bpk. Fery Fachrudin Munier  serta seluruh perjabat Eselon III dan IV Lingkup Dinas TPHP Provinsi Kalimantan Tengah.  

Pengawas Benih Tanaman merupakan jabatan fungsional dari rumpun jabatan bidang pertanian yang diberi tugas,tanggungjawab,wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan pengawasan benih tanaman.  Oleh karena itu, tugas pokok Pengawas Benih Tanaman dalam hal menyiapkan, melaksanakan, mengevaluasi, mengembangkan dan melaporkan kegiatan pengawasan benih tanaman mulai dari penilaian kultivar, sertifikasi, pengujian mutu benih, pengawasan peredaran benih tanaman, dan penerapan sistem manajemen mutu kiranya dapat dilaksanakan PBT sesuai jenjang dan keahlian masing-masing, ucap Kepala Dinas TPHP Prov Kalteng sembari mempromosikan wisata alam air hitam di kawasan Taman Nasional Sebangau dan keunikan  produk buah lokal khas Kalimantan Tengah, Durian Otak Udang dari Kasongan. Sungguh disayangkan, kegiatan ini tidak bertepatan dengan musim panen buah durian yang umumnya dimulai dari akhir Oktober,kata Ir. Hj. Sunarti,MM kepada seluruh peserta dari 33 Provinsi  yang hadir pada seremonial pembukaan apresiasi tersebut.

(Baca Juga : MENTERI PERTANIAN DAN GUBERNUR KALTENG TINJAU LOKASI LAHAN RAWA GAMBUT, DUKUNG PERCEPATAN TANAM PADI SEBAGAI UPAYA PROGRAM KETAHANAN PANGAN NASIONAL )


Jumlah peserta yang hadir dalam acara pembukaan Apresiasi Pengawas Benih Tanaman Tingkat Nasional Tahun 2019 ini   mencapai 78 %  dari kuota 100 orang peserta yang ditargetkan. Sisanya yang belum hadir, masih dalam perjalanan transit di bandara Jakarta dan Surabaya, lapor Kepala Balai Pengawasan Sertifikasi Benih Provinsi Kalimantan Tengah Bpk. Yandi Saden,SP,M.Si.

Acara pembukaan Apresiasi Pengawas Benih Tanaman Tingkat Nasional  tanggal 16 Juli 2019 menjadi tontonan menarik seluruh peserta provinsi dari luar Kalimantan Tengah dengan penampilan khusus tarian khas Dayak yang dipersembahkan oleh Sanggar Banama Tingang.  Keceriaan peserta Apresiasi diperlengkapi dengan presentasi motivator Joko Angklung yang mengajak peserta bermain angklung bersama. Permainan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja Pengawas Benih  Tanaman mencapai Integritas dan Komitmen di dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawabnya, terang motivator Joko Angklung. ( Sumber : DTPHP)

TPHP Prov Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook