SMA NEGERI 4 PALANGKA RAYA PANEN PERDANA PROGRAM PERTANIAN MASUK SEKOLAH (Tani MaS)

Kontribusi dari DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH, 13 Januari 2020 08:30, Dibaca 905 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - SMAN 4 Palangka Raya melakukan panen perdana dari Program Pertanian Masuk Sekolah (Tani Mas), kegiatan dilaksanakan di Lahan Pertanian SMAN 4, Senin (13/1/2020). Tanaman yang ditanam  adalah jenis  tanaman hortikultura seperti : seledri (daun sop), tomat, terong, kangkung, sawi, bayam, cabe, dan jenis tanaman biofarmaka seperti : jahe, lengkuas, kunyit, dan serai. Tanaman tersebut berada di Rumah bibit, Demplot dan dilokasi Pertanaman.


Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Tengah Dra. LILIS SURIANI, MM., MM.RS menyampaikan kegiatan Pertanian Masuk Sekolah ini dilaksanakan di 2 Sekolah yang telah terpilih di Tahun 2019 yaitu SMAN 4 Palangka Raya dan SMKN 7 Palangka Raya yang lokasinya masih di Kota Palangka Raya, sebab kegiatan sudah dilakukan menjelang akhir tahun sehingga dapat mempermudah bimbingan dan koordinasi pada saat pelaksanaannya. Dari pantauan pelaksanaan kegiatan 2 sekolah ini telah melaksanakan semua kegiatan mulai dari pembuatan benih, pembuatan demplot serta penamanan tanaman di lahan pertanaman.

(Baca Juga : KADIS TPHP PROV KALTENG PANEN PADI DI LAHAN GAMBUT BERPASIR, KEC.MANTANGAI, KAPUAS)

Kegiatan pertanian masuk sekolah ini juga didukung oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalteng. Seperti pada saat bimbingan teknis untuk pengenalan pembuatan tananam hidroponik dan juga untuk mengetahui hama dan penyakit yang sering sering menyerang tanaman pertanian. Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 4 Palangka Raya mengatakan kesuksesan pelaksanaan kegiatan pertanian masuk sekolah ni merupakan kerjasama semua pihak, baik dari guru, siswa, pihak sekolah dan juga orang tua yang ikut memberikan semangat kepada siswa agar lebih giat lagi untuk selalu menanam di area lahan yang sempit agar mempermudah untuk mendapatkan sayuran. 

"Saya banyak berterima kasih atas kepercayaan dan bimbingan dari BPTP, Dinas Tanaman Pangan, dan seluruh warga sekolah yang telah bersatu padu, bekerja sama, bersinergi dengan baik," ucap beliau.

Program kegiatan tersebut diharapkan mampu menumbuhkan jiwa kemandirian bagi siswa  dan  guru, dapat terus berkelanjutan, selain menambah ilmu pengetahuan tentang teknis pembuatan tanaman juga dapat memberikan penghasilan bagi sekolah dan juga ada teknologi yang dapat dikenalkan kepada para kaum millenial. Panen dilakukan langsung oleh siswa bersama sejumlah guru pembimbing. Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah, BPTP Kalteng, Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya dan Penyuluh Kota Palangka Raya. 

DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook