Dinas TPHP Prov Kalteng Ikuti Rakor Video Conference Ketersediaan Pangan dan Launching Aplikasi Gojek

Kontribusi dari TPHP Prov Kalteng, 03 April 2020 19:36, Dibaca 647 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo memimpin Rapat Koordinasi Ketersediaaan Pangan dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) di Kantor Kementerian Pertanian Jakarta yang diikuti oleh seluruh Kepala Dinas Lingkup Pertanian dari 34 Provinsi se-Indonesia melalui Video Conference pada pukul 09.00 WIB serentak di provinsi masing-masing.


Dalam sambutannya, Menteri Pertanian menyampaikan terimakasih kepada Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi yang telah mempersiapkan dan mengkoordinir pelaksanaan Rakor Video Conference sehingga terlaksana dengan baik. "Hari ini melakukan sebuah langkah awal, tidak ada langkah besar tanpa langkah kecil. Tantangan apapun yang ada, pertanian Indonesia harus siap menjawab tantangan era globalisasi dengan cara sekarang, tidak bisa lagi dengan cara lama. Oleh karena itu, menyikapi tantangan saat ini, Launching kerjasama Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center dengan Gojek, yang dimulai dari Jakarta dan Bogor, yang selanjutnya bertahap ke seluruh Indonesia dapat memenuhi kebutuhan sebelas komoditas pangan strategis bagi masyarakat Indonesia, “ kata Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam pembukaan Rakor, Jumat ( 3/4/2020).

(Baca Juga : SMA NEGERI 4 PALANGKA RAYA PANEN PERDANA PROGRAM PERTANIAN MASUK SEKOLAH (Tani MaS) )


Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah Hj.Sunarti beserta Pejabat Eselon III lingkup Dinas TPHP mengikuti agenda rapat Vicon di Ruang Rapat Kepala Dinas sesuai dengan arahan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian dalam Surat Nomor : B-182/TU.020/J/03/2020 tanggal 31 Maret 2020 perihal Undangan Rapat Koordinasi.  "Rakor ini seharusnya dilaksanakan kemarin, namun karena ada Ratas Presiden bersama Gubernur, sehingga diundur pelaksanaannya pada hari ini, “ terang Hj.Sunarti.

"Ketersediaan sebelas komoditas pangan  Kalteng aman. Namun terjadi penurunan harga daging ayam yang signifikan, harga kandang 12 ribu, harga pasar 30 ribu, dimana sebelumnya berkisar 19 ribu dan 38 ribu. Untuk mendongkrak daya beli masyarakat, agar produksi ternak bisa terjual, maka dianjurkan konsumsi telur dan daging ayam untuk meningkatkan ketahanan tubuh melawan Covid-19, yakni Konsumsi 2 butir telur dan 1 potong daging ayam per hari, sesuai program Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementan. Untuk komoditas buah-buahan, luas panen semangka 150 hektar menghasilkan produksi 17 ton/ha di kabupaten Pulang Pisau mengalami kendala pemasaran karena terdampak Pandemi Covid-19. Komoditas beras cukup sampai tujuh bulan, dengan adanya panen di bulan April – Mei, estimasi surplus beras hingga bulan Desember,“ lapor Hj. Sunarti kepada Menteri Pertanian RI melalui Whatsapp setelah  Rakor Video Conference berlangsung selama satu jam.

( by. Ita –PMHP)

 

TPHP Prov Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook