WBP Lapas Kelas IIB Sampit Masih Bisa Berkreatifitas Meskipun Di Balik Jeruji Besi

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 12 Februari 2020 13:44, Dibaca 318 kali.


MMCKalteng - Sampit Meski menjalani masa tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit, tidak menutup diri Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk menggeluti kesenian mengisi hari demi hari melewati masa tahanan. Seperti yang dilakukan oleh WBP Lapas Sampit ini, meskipun berada di balik jeruji besi, mereka mampu berkreasi dengan mengolah kerajinan tangan, dengan bahan-bahan bambu dan batok kelapa yang mampu menghasilkan kesenian yang bernilai tinggi, Rabu (11/2/2020).

Meski di masa lalu sempat terkait dengan kasus sehingga kini mereka menjadi Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas II B Sampit dan kini adalah waktu untuk memperbaiki diri.

(Baca Juga : Rapat Pencanangan Bulan Bhakti Dharma Karyadhika Tahun 2019 di Kanwil Kalteng)

“Diam di dalam blok itu rasanya jenuh, sehingga dengan aktivitas seperti ini saya senang sekali,” ucap salah satu WBP saat berbincang dengan Petugas Pengelola Hasil Kerja Era Novalyus dan sekaligus sebagai petugas pengawas bengkel kerja tersebut.

Warga Binaan Pemasyarakatan mengikis dan memotong sedikit demi sedikit bambu yang akan dijadikan sebagai  bahan dasar pembuatan kesenian, batok kelapa yang juga digunakan sebagai bahan untuk mengolah kesenian, jika dimanfaatkan dengan baik maka mampu menghasilkan nilai seni yang tinggi oleh tangan-tangan pengrajin.

Sembari membuat kerajinan kesenian miniatur yang terbuat dari batok kelapa dan bambu, seperti asbak rokok dengan Ikon Ikan Jelawat khas Kota Mentaya Sampit yang menambah nilai artistik asbak tersebut. Ide-ide baru juga diusulkan oleh WBP yang masuk sebagai tim, sehingga ide-ide tersebut ditampung dan setelah disetujui oleh Petugas Pengawas, maka barulah para WBP mulai mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan dan menyusun konsep miniatur apa yang akan dibuat berdasarkan contoh dan ide-ide kreatif yang ada. (Red-dok, Humas Kalteng, Feb 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook