KADIV PEMASYARAKATAN UNTUK LAKSANAKAN PANEN TOMAT DAN TERONG DI LAPAS PALANGKA RAYA

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 27 September 2018 10:52, Dibaca 711 kali.


Palangka Raya – pada rabu (26/09) kemaren Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Palangka Raya disibukan dengan kegiatan Panen buah tomat dan terong yang merupakan hasil dari perkebunan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Anthonius Mathius Ayorbaba diundang langsung untuk melakukan panen ini didampingi Kepala Lapas Kelas II A Palangka Raya Syarif Hidayatullah.Dalam panen tersebut Kadiv PAS melaksanakan panen buah tomat sedangkan Kepala Lapas melaksanakan Panen buah terong yang kala itu juga dihadiri oleh Kepala LPKA Kelas II Palangka Raya Mubasiruddin.

(Baca Juga : Rapat Internal Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kalimantan Tengah)

Usai panen, Kadiv Pas mengatakan bahwa dirinya merasa puas sekaligus bangga bahwa Lapas Palangka Raya telah berhasil mengembangkan pertanian seperti halnya yang telah dilakukan oleh Rutan Palangka Raya dan juga Lapas/Rutan lainnya di Kalimantan Tengah.

Kali ini mereka kembali berhasil membudidayakan lahan kosong yang ada sehingga berhasil gunas seperti sekarang ini. Yang pastinya membawa manfaat baik dari sisi WBP sendiri, petugas maupun masyarakat sekitarnya. hal ini pun menjadi sebuah apresiasi atas kinerja Lapas yang telah melaksanakan arahan Kepala Kantor Wilayah yang meminta agar lahan-lahan kosong seperti branggang yang ada di Lapas/Rutan  bisa dimanfaatkan dengan penanaman tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan.

Atas keberhasilan tersebut Anthon menyarankan agar pihak Lapas Palangka Raya lebih serius mengembangkan pertaniannya mengingat Luas Lahan yang dimiliki Lapas Palangka Raya sangatlah menjadi peluang produktif untuk menjadikan Lapas produksi dan ini wajib untuk diperhatikan.

Selanjutnya Anthon juga mengatakan bahwa pada hari ini juga Lapas Kelas II B Muara Teweh telah melaksanakan panen ketiga sayur-sayuran dari hasil pemanfaatan lahan kosong baik yang ada di branggang maupun halaman dalam dan luar Lapas.

Menanggapi akan masukan tersebut, Kepala Lapas Palangka Raya Syarif Hidayatullah menanggapi positif akan saran yang diberikan. Menurutnya hal ini akan menjadi prioritas pembinaan yang akan dilakukan Lapas Palangka Raya sehingga kedepan produksi pertanian Lapas benar-benar bisa menjadi salah satu suplai sayur-sayuran di Kota Cantik Palangka Raya.

Pada pelaksanaan panen tersebut, para ibu-ibu dharma wanita Pemasyarakatan juga turut hadir dan mengadakan pasar dadakan. Dimana hasil panen yang dilakukan menjadi rebutan bagi seluruh pegawai dan warga sekitar dan habis terjual. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Sept 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook