Kepala Rutan Buntok Tandatangani MoU Pelayanan dan Konsultasi Hukum Bagi WBP

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 11 Mei 2020 18:33, Dibaca 247 kali.


MMCKalteng - Buntok – Jalin kerjasama antara Rutan Kelas IIB Buntok dengan Pemerintah Daerah Barito Selatan dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Barito Terbit terkait pelayanan dan konsultasi hukum dalam rangka meningkatkan pengetahuan hukum warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Buntok, Senin (11/5/2020).

Yang mana dalam MoU tersebut telah ditandatangani oleh Bupati Barito Selatan Bapak Eddy Raya Samsuri.,S.T selaku pihak pertama, Bapak Mastur.,A.Md.IP.,S.H.,M.M  selaku Kepala Rutan Buntok sebagai pihak kedua dan Ibu Susilayati, S.H selaku Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Barito Terbit sebagai pihak ketiga. Dalam MoU tersebut semua pihak sepakat untuk menjalin kerjasama dalam bidang pelayanan dan konsultasi hukum terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Buntok. 

(Baca Juga : 20 Klien Pemasyarakatan Bapas Pangkalan Bun Ikuti Kegiatan Bimbingan Kemandirian)

Bantuan hukum ini sangat penting bagi warga binaan karena sejauh ini banyak warga binaan yang kurang mengerti kalau setiap warga negara berhak mendapatkan bantuan hukum. Kepala Rutan Buntok menjelaskan, perjanjian kerjasama ini sebagai bentuk kehadiran Rutan Buntok dalam membantu warga binaannya dalam persoalan hukum yang sedang dihadapi, termasuk penyuluhan hukum bagi WBP oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) dan Pemerintah Daerah bagian hukum yang dilakukan secara berkala.  Kepala Rutan juga menambahkan dalam pelaksanaanya nanti kegiatan pemberian pelayanan dan konsultasi hukum bagi WBP ini ditujukan terutama bagi pihak yang tidak mampu.

Perjanjian Kerjasama ini mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Rutan Buntok, “Saya sangat mendukung kerjasama ini dan tentunya saya berharap agar kerjasama ini bisa terus berlanjut. Karena sangat membantu WBP kami, terutama yang kurang mampu,” tutup Mastur. (Red-dok, Humas Kalteng, Mei 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook