Komisi III Kunjungi RSJ Sambang Lihum

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 12 November 2019 07:04, Dibaca 1,691 kali.


PALANGKA RAYA - Guna meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat, khususnya dibidang kesehatan. Komisi III DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) yang membidangi masalah kesehatan melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Menurut Ketua Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing, pihaknya sengaja memilih untuk melaksanakan kunker ke RSJ Sambang Lihum, RSJ ini merupakan salah satu RSJ terbesar yang menangani penderita  gangguan kejiwaan. Sehingga hasil dari kunker ini nantinya diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi RSJ Kalawa Atei untuk meningkatkan pelayanan termasuk sarana dan prasarana.

(Baca Juga : Wagub Sampaikan Pidato LKPJ Akhir Masa Jabatan)

“Untuk saat ini, RSJ yang Kalteng miliki, yaitu Kalawa Atei bisa dibilang belum mampu untuk menangani jumlah penderita gangguan kejiwaan yang cukup besar. Oleh karena itu, komisi III DPRD Kalteng berharap agar kedepannya hasil kunjungan ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, untuk terus meningkatkan pelayanan, temasuk sarana dan prasarana RSJ Kalawa Atei,” kata Duwel, saat dikonfirmasi, Senin (11/11).

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) I, meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas (Gumas) dan Kota Palangka Raya ini mengatakan, selain bertujuan untuk meningkatkan pelayanan serta sarana dan prasarana RSJ Kalawa Atei, Kunker Komisi III juga bertujuan untuk mendukung realisasi program bebas pasung bagi penderita gangguan kejiwaan, yang dicanangkan oleh Kementrian Sosial Republik Indonesia (Kemensos-RI) sejak tahun 2018 lalu.

“Tentunya, kunker Komisi III ini tidak hanya bertujuan mendorong Pemprov untuk meningkatkan pelayanan maupun fasilitas RSJ Kalawa Atei. Tetapi kunker ini juga bertujuan untuk mensukseskan program Indonesia Bebas Pasung yang telah di canangkan olrh Kemensos-RI. Oleh karena itu, komisi III melibatkan secara langsung Dinas/Instansi terkait dalam kunjungan ini,” terang politisi dari PDI Perjuangan ini.

Selain itu, sambung Duwel, dengan melibatkan secara langsung dinas/instansi terkait dalam kunjjungan ini, pihak Pemprov Kalteng diharapkan bisa menjalin kerjasama dengan RSJ Sambang Lihum untuk menangani pasien penderita gangguan kejiwaan, sembari meningkatkan fasilitas di RSJ Kalawa Atei.

“Karena fasilitas kita belum mampu menampung pasien penderita gangguan kejiwaan dengan jumlah besar, kita berharap agar Pemprov Kalteng bisa menjalin kerjasama dengan RSJ Smabang Lihum di Kalsel. Sehingga apabila kuota pasien RSJ Kalawa Atei melebihi kapasitas fasilitas, pasien tersebut dapat tertangani dengan memberikan rujukan ke RSJ Sambang Lihum,” pungkas mantan Bupati Katingan dua periode ini.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook